Kulit Terasa Kering? Ini 10 Makanan untuk Mengatasi dari Dalam

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 13 Maret 2022
0 dilihat
Kulit Terasa Kering? Ini 10 Makanan untuk Mengatasi dari Dalam
Kulit kering menyebabkan kulit tampak kusam, bertekstur kasar, bersisik, dan juga kurang lembap dan berminyak. Foto: Repro alodokter.com

" Mengonsumsi beragam makanan yang mengandung vitamin, seperti sayuran dan buah-buahan, terbukti membawa perbedaan besar dalam melembapkan dan menutrisi kulit kering "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah pada kulit yang sering dialami adalah kulit kering.

Mengutip bioderma.co.id, kulit kering atau sangat kering merupakan sebuah jenis kulit, jadi ini kondisi permanen yang ditandai oleh sensasi tertarik di seluruh wajah dan tubuh akibat kurang terbentuknya pelindung alami kulit.

Jika diperhatikan, kulitnya tampak kusam, bertekstur kasar, bersisik, dan juga kurang lembap dan berminyak.

Mengatasi kulit kering tak cukup hanya dari luar, tetapi juga melalui asupan nutrisi yang tepat. Mengonsumsi beragam makanan yang mengandung vitamin, seperti sayuran dan buah-buahan, terbukti membawa perbedaan besar dalam melembapkan dan menutrisi kulit kering.

Saat kulit kehilangan banyak air, maka kulit menjadi kering. Kulit kering akan membuat kulit tampak dan terasa gatal, kasar, serta bersisik.

Melansir alodokter.com, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa Anda masukkan dalam menu sehari-hari agar terhindar dari kulit kering:

1. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, salah satunya adalah asam oleat. Asam oleat merupakan asam lemak yang dapat membantu mempertahankan kelembapan dan kekenyalan kulit, sehingga baik untuk mengatasi kulit kering.

Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan penting untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Anda dapat mengonsumsi alpukat dengan dibuat jus tanpa gula ataupun avocado toast.

2. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk tergolong tinggi, sehingga dapat menjadi salah satu makanan untuk mengatasi kulit kering. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh kulit untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan produksi kolagen.

3. Ikan berlemak

Baca Juga: Keramas Saat Menstruasi Berbahaya: Mitos atau Fakta?

Ikan berlemak, seperti sarden dan salmon, kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Asam lemak omega-3 diperlukan untuk membuat kulit tetap tebal, lembap, dan kenyal, sehingga jika kekurangan nutrisi yang satu ini dapat menyebabkan kulit kering.

4. Daging merah

Mengonsumsi daging merah, seperti sapi dan kambing, dapat membantu Anda mengatasi kulit kering karena kandungan vitamin D di dalamnya. Vitamin D berperan dalam pertumbuhan sel kulit dan memastikan skin barrier berfungsi dengan baik.

5. Brokoli

Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mengatasi kulit kering, seperti vitamin C, lutein, dan zinc. Selain itu, brokoli juga mengandung sulforafan yang diketahui mampu mencegah kanker kulit dan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari.

6. Kacang kedelai

Manfaat kacang kedelai bagi kesehatan tubuh sangat banyak, salah satunya dapat mengatasi kulit kering. Hal ini berkat kandungan isoflavon dalam kacang kedelai yang mampu meningkatkan produksi kolagen, mencegah kerusakan sel-sel kulit, dan melindungi kulit dari radiasi sinar UV.

7. Semangka

Buah segar ini sangat nikmat jika disantap saat hari sedang terik karena kandungan airnya yang banyak. Tak hanya itu saja, semangka juga kaya akan likopen atau pigmen yang memberikan warna merah pada buah yang dapat mencegah kulit kering akibat paparan sinar UV.

8. Stroberi

Sama seperti jeruk, stroberi juga merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Hal ini menjadikan stroberi baik untuk mengatasi kulit kering dan mencegah keriput.

Baca Juga: Waspada, Kini Muncul Varian Baru COVID-19 Bernama Deltacron

9. Yoghurt

Makanan fermentasi seperti yoghurt mengandung probiotik yang dapat meningkatkan fungsi skin barrier dan menghidrasi kulit. Selain yoghurt, probiotik juga bisa Anda dapatkan dari kefir, kimchi, natto, kombucha dan tempe.

10. Paprika merah dan kuning

Kedua jenis paprika ini merupakan sumber vitamin C yang baik untuk memproduksi kolagen, serta mengatasi kulit kering dan keriput akibat bertambahnya usia.

Paprika merah dan kuning juga mengandung beta karoten, yaitu salah satu antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga