Sudah Pakai Skincare tapi Tak Ada Perubahan, Ini Penyebabnya

Siti Nabila, telisik indonesia
Jumat, 26 Juli 2024
0 dilihat
Sudah Pakai Skincare tapi Tak Ada Perubahan, Ini Penyebabnya
Dokter Tulus Budi Lestari, Sp.KK spesialis dokter kulit dan kelamin (kiri). Pengguna skincare (kanan). Foto: Ist.

" Meski telah dilakukan secara rutin, banyak yang mengeluh karena merasa kulitnya tidak mengalami perubahan usai memakai skincare "

KENDARI, TELISIK.ID - Merawat kulit menggunakan beragam produk skincare sepertinya sudah menjadi rutinitas setiap hari. Sayangnya, meski telah dilakukan secara rutin, banyak yang mengeluh karena merasa kulitnya tidak mengalami perubahan usai memakai skincare.

Kondisi ini merupakan salah satu tanda bahwa produk skincare tidak bekerja secara optimal. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan terjadinya hal tersebut.

Dilansir dari Alodokter.com, salah satu dokter spesialis kulit dan kelamin di salah satu RS di Indonesia, dr. Tulus Budi Lestari, Sp.KK mengungkapkan, ada beberapa penyebab yang mendasari tidak berefeknya skincare yang digunakan.

Penggunaan skincare yang kurang tepat, penyimpanan skincare yang kurang tepat seperti terpapar matahari sehingga membuat konsistensinya berubah, karena produk yang digunakan tidak cocok untuk jenis kulit anda, ataupun karena kurangnya penggunaan tabir surya sehingga membuat kulit menjadi kurang terlindungi dengan tepat.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Kulit Wajah dengan Rutin Gunakan Masker Wajah

Baca Juga: Natasha Skincare Kendari Memberikan Pengalaman Perawatan Wajah dan Harga Ramah Kantong

Tulus Budi Lestari juga memberikan saran untuk mencerahkan kulit, dapat menggunakan produk skincare yang mengandung AHA, BHA, PHA, alpha arbutin, niacinamide, vitamin C, azelaic acid, kojic acid, dan retinoid.

Selain itu, kata dia, juga perlu memperhatikan urutan penggunaan skincare yang tepat dimana diawali dengan pencucian wajah dengan metode double cleansing, diikuti penggunaan toner, serum, pelembab, dan tabir surya sebanyak 2 jari dan ulangi pemakaian setiap 3 jam sekali.

Terakhir ia berpesan intuk perawatan wajah mingguan Anda perlu melakukan eksfoliasi dan menggunakan masker wajah minimal 2x seminggu secara rutin. (C)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga