4 Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 12 September 2022
0 dilihat
4 Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur
Bermain ponsel sebelum tidur memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Foto: Repro iStock

" Handphone (HP) atau ponsel memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, tapi ternyata juga punya dampak negatif "

KENDARI, TELISIK.ID - Handphone (HP) atau ponsel memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, tapi ternyata juga punya dampak negatif.

Salah satu dampak negatif yang dihasilkan dari HP ini adalah jika kita kebiasaan bermain HP sesaat sebelum tidur.

Dikutip Suaramerdeka-banyumas.com, bermain HP atau gadget menjelang tidur berisiko pada kesehatan fisik dan mental.

Meskipun dampaknya tak dapat dirasakan langsung, namun kebiasaan bermain HP atau gadget jelang tidur untuk mencari informasi hingga bermain game, bisa berdampak pada kualitas tidur dan masalah kesehatan lainnya. 

Melansir alodokter.com, berikut beberapa dampak main ponsel sebelum tidur yang harus kamu waspadai:

1. Menurunkan kualitas tidur

Saat menatap layar handphone, cahaya biru yang terpancar diketahui dapat menghambat produksi hormon melatonin.

Menurunnya produksi dan pelepasan hormon ini dapat membuatmu lebih waspada dan terjaga serta menyulitkan proses tidur. Alhasil, esok harinya kamu jadi tidak berenergi dan sulit konsentrasi.

Baca Juga: Waspada, 5 Gejala Umum Terjangkit Kanker

Selain itu, pancaran cahaya dari layar gadget juga akan menghambat fase tidur rapid eye movement (REM). Padahal, fase tidur ini penting untuk memulihkan fungsi kognitif dan kestabilan emosi.

2. Mengganggu ritme sirkadian

Kebiasaan main HP sebelum tidur dapat mengganggu ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah mekanisme alami tubuh untuk mengatur jadwal tidur dan bangun serta metabolisme tubuh setiap harinya.

Sebagai contoh, kamu adalah orang dengan tipe early bird yang produktif di pagi hari. Namun, karena main HP sebelum tidur, kamu yang biasanya tidur pada pukul 22.00 karena terbiasa bangun di pukul 05.00 pagi, jadi tidur pukul 00.00 dan tetap harus bangun di pukul 05.00.

Jika terus-menerus terjadi, kamu akan kekurangan waktu tidur dan susah fokus saat beraktivitas di pagi hari. Tidak hanya itu, kurangnya waktu dan kualitas tidur akan membuatmu mudah lelah dan kurang produktif.

3. Menyebabkan gangguan mata

Pasti banyak yang sadar nih saat membuka handphone atau sosial media, tanpa terasa kamu sudah menghabiskan waktu selama berjam-jam.

Kebiasaan ini bisa memicu computer vision syndrome. Gejalanya dapat berupa rasa lelah pada mata, penglihatan kabur, mata merah, mata kering, hingga sakit kepala.

Selain itu, sering menghabiskan banyak waktu dengan bermain ponsel sebelum tidur juga bisa menyebabkan degenerasi makula. Kalau diabaikan, kondisi ini akan meningkatkan risikomu mengalami kebutaan.

4. Memicu doomscrolling

Menelusuri media sosial sebelum tidur, apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lama, mungkin saja dapat membuatmu tidak berhenti membaca berita buruk dan terus mencari kelanjutan informasi tersebut.

Baca Juga: Jangan Tahan Kencing, Ini 5 Dampak Buruk Bagi Kesehatan

Perilaku tersebut disebut doomscrolling. Akibatnya, kamu bisa merasa cemas, stres, takut, tertekan, hingga paranoid terhadap sekitar.

Penggunaan ponsel sebelum tidur sangat berdampak pada kesehatanmu. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk tidak main HP setidaknya 1–2 jam sebelum waktu tidur.

Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan aktivitas lain yang dinilai lebih bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas ini bisa berupa membaca buku, menulis jurnal, mandi air hangat, atau meditasi.

Nah, itulah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika kebiasaan bermain HP sesaat mau tidur.

Setelah mengetahui bahaya main ponsel sebelum tidur, kini kamu perlu mengurangi kebiasaan ini. (C)

 

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga