Kupas Politisi: Tak Banyak Umbar Janji, Caleg DPR Sulawesi Tenggara La Isra Optimis jadi Terbaik

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 05 Desember 2023
0 dilihat
Kupas Politisi: Tak Banyak Umbar Janji, Caleg DPR Sulawesi Tenggara La Isra Optimis jadi Terbaik
La Isra (kanan) merupakan seorang Tenaga Ahli Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, siap tampil pada Pemilu 2024 sebagai caleg DPRD Sulawesi Tenggara Dapil Kabupaten Muna, Muna Barat dan Buton Utara. Foto: Ist.

" Tak banyak umbar janji, caleg ini justru sudah banyak membantu menjembatani untuk penambahan kuota beasiswa pendidikan di daerahnya, dan menyalurkan bakat anak muda melaui club sepak bola yang didirikannya hingga dapat bersaing ke tingkat nasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Tak banyak umbar janji, caleg ini justru sudah banyak membantu menjembatani untuk penambahan kuota beasiswa pendidikan di daerahnya, dan menyalurkan bakat anak muda melaui club sepak bola yang didirikannya hingga dapat bersaing ke tingkat nasional.

Sejak lama membawa diri di daerah rantau, kini La Isra seorang Tenaga Ahli Anggota DPR RI Fraksi Gerindra ini kembali ke daerahnya, untuk mengikuti kontestan Pileg 2024 sebagai caleg DPRD Sulawesi Tenggara Dapil Kabupaten Muna, Muna Barat dan Buton Utara.

Bernama lengkap La Isra S.Pd, pria berusia 34 tahun ini merupakan kelahiran Rete. Ia lahir dan besar di sebuah desa di Kabupaten Muna, sampai pada akhirnya ia memberanikan diri untuk merantau ke Gorontalo saat lanjut ke tingkat universitas.

‘’Kisah yang cukup sulit saya lewati untuk tetap dapat melanjutkan pendidikan, sejak kelas 4 SD saya sudah merasakan kerasnya kehidupan dengan numpang tinggal di rumah kerabat dan mencoba untuk mandiri, bekerja serta membantu ala kadarnya di bengkel,’’ jelas Isra.

Ia mengawali pendidikannya di SD 2 Rete (Sekarang SDN 7 Parigi) pada tahun 1995- 2002, SMPN 2 Parigi tahun 2002-2005, SMAN 1 Tongkuno  pada tahun 2005-2008 dan melanjutkan ke jenjang  S1  Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Gorontalo 2008-2012.

Baca Juga: Viral, Gibran Bagi-Bagi Susu di CFD, Diduga Kampanye

Selama di bangku kuliah, ia tergabung di beberapa organisasi internal maupun ekstenal kampus yang membantu mengembangkan dirinya. Ia sudah menapaki karir di dunia politik sejak usianya masih menginjak 22 tahun, tepatnya pada tahun 2010. Ia tergabung di partai Gerindra.

Semasa ia kuliah, juga pernah menjadi tim sukses salah seorang caleg DPR RI dan sempat menjadi tim surveyor untuk menyambung hidup di daerah rantau. Meski terpikir untuk melanjutkan karir yang sesuai dengan ijazahnya itu sebagai guru honorer, nyatanya hanya bertahan selama 3 bulan dan ia memilih melanjutkan terjun ke dunia politik.

Selain pendidikan formal, ia juga melewati beberapa pendidikan non formal, di antaranya MAPABA KEPMMI Kesatuan Pelajar Mahasiswa Muna Indonesia Gorontalo 2008, Basic Training (LK1) Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Gorontalo 2008, Intermediate Training (LK2) Tingkat Nasional HMI Cabang Limboto tahun 2010  dan Advence Training (LK3) Tingkat Nasional HMI BADKO Sulawesi Tengah 2012

Pendidikan kader dan pengalaman di Gerindra:

Diklat Kader Gerindra Masa Depan (GMD) Angkatan ke-2 tahun 2015.

Diklat Kader Gerindra Masa Depan Lanjutan (GMDL) tahun 2016.

Instruktur Sekolah Kader Partai Gerindra tahun 2010-Sekarang.

Penugasan partai dalam rangka verfikasi partai politik di Papua tahun 2017-2018.

Penugasan partai dalam rangka pemenangan Pilkada DKI Jakarta tahun 2017.

Penugasan partai dalam rangka pemenangan Pilkada Jawa Tengah tahun 2018.

Penugasan partai dalam rangka pemenangan Pilkada Sumatera Barat tahun 2020.

Koordinator Provinsi Papua tahun 2017-2018

Koordinator Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2018-sekarang

Pengalaman Organisasi :

Pengurus Kesatuan Pelajar dan Mahasiswa Muna indonesia (KEPMMI) Gorontalo 2008-2013.

Sekretaris HMJ Fisika UNG tahun 2009-2010.

Ketua HMI Komisariat MIPA UNG tahun 2009-2011.

Ketua Umum HMJ Fisika UNG tahun 2010-2011.

Pendiri Organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Geografi tahun 2011.

Sekretaris Umum HMI Cabang Gorontalo tahun 2011-2012.

Departemen Lingkungan Hidup PB HMI tahun 2013.

Pembina Umum KEPMMI Gorontalo tahun 2014-sekarang.

Tim Pendiri sekaligus Pengurus Elnino Center (Perkumpulan Pejuang Pemenangan Elnino Mohi DPR RI 2014) tahun 2014-sekarang.

Wakil Ketua DPD Gerindra Gorontalo tahun 2016-sekarang

Tim Organik DPP Partai Gerindra tahun 2016-sekarang

Pendiri dan Ketua Satria Wakumoro FC 2017-sekarang.

Di masa kampanye ini, ia memanfaatkan relasi hubungan kekerabatan dan persaudaraan untuk memperkenalkan dirinya apalagi di zaman yang serba melalui media sosial ini.

Baca Juga: Umbar Janji, Ganjar Pranowo Janjikan Jatah Menteri untuk Sulawesi Tenggara

‘’Satu musuh terlau banyak, seribu teman terlalu sedikit,’’ ujarnya.

Isra yang juga sebagai pendiri sekaigus ketua clup sepak bola Satria Wakumoro ini telah membawa dan menyalurkan bakat pemuda hingga ke tingkat nasional. Ia percaya, bakat yang ada pada anak muda harus di suport di bidang apapun itu selagi bersifat positif.

Sejak 2021, ia sudah turut andil untuk membantu menambah kuota beasiswa pendidikan yang ada di Kecamatan Parigi, Muna yang jumlahnya saat ini mencapai ribuan.

‘’Tentu untuk jangkauan yang lebih luas agar mampu mempengaruhi kebijakan dan menyuarakan suara dari dapil yang diwakili kita harus menang dan masuk ke ruang lingkup itu,’’ tegasnya kepada Telisik.

Terlepas dari itu, ia memang tak mau banyak memberi janji karena ini bukan pencalonan sebagai kepala daerah. Ia akan menjadi anggota DPRD terbaik untuk dapilnya dan juga memberikan yang terbaik. Sehingga ia percaya dengan kontribusi yang ia telah atau akan berikan dapat menggerakan hati masyarakat di kalangan orang tua maupun gen z. (A)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga