Lagi, Pasar Tumpah Ramadan Sebabkan Macet di Area Bundaran Pesawat Tempur Kendari

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Selasa, 18 April 2023
0 dilihat
Lagi, Pasar Tumpah Ramadan Sebabkan Macet di Area Bundaran Pesawat Tempur Kendari
Kemacetan yang terjadi di area bundaran pesawat tempur yang disebabkan oleh pasar tumpah ramadan. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Pedagang takjil musiman kian menjamur selama bulan ramadan. Para pedagang ini biasanya memilih tempat-tempat strategis dalam berjualan yang akhirnya membuat macet. Salah satu lokasi tersebut berada di area Bundaran pesawat tempur, Kecamatan Baruga "

KENDARI, TELISIK.ID - Pedagang takjil musiman kian menjamur selama bulan ramadan. Para pedagang ini biasanya memilih tempat-tempat strategis dalam berjualan yang akhirnya membuat macet. Salah satu lokasi tersebut berada di area Bundaran pesawat tempur, Kecamatan Baruga.

Bundaran pesawat tempur sendiri menjadi tempat melintasnya kendaraan dari berbagai arah di Kota Kendari, seperti dari arah Mandonga ke Baruga, Wuawua ke Baruga maupun ke arah sebaliknya. Karena tingginya volume kendaraan yang melintasi area bundaran tersebut, maka banyak pedagang takjil musiman yang mendirikan lapak di area tersebut.

Salah satu pedagang tersebut, Annisa yang menjajakan gorengan sebagai menu takjilnya. Kepada pihak Telisik.id, Annisa mengaku berjualan gorengan di area itu cukup menguntungkan.

Baca Juga: Jelang Lebaran Toko Sandal Serba 65 Kendari Dipadai Pembeli

"Banyak kendaraan yang suka lewat sini jadi lumayan kalau berjualan gorengan," ucapnya, Selasa (18/4/2023).

Karena para pedagang tadi berjualan di pinggir jalan, maka tak jarang banyak pengendara mobil ataupun motor yang singgah di berbagai lapak yang tersaji di sekitar area bundaran. Hal itulah yang memicu kemacetan, sebagaimana yang dituturkan oleh Briptu Andhika C, polisi yang ditugaskan mengatur lalu lintas di area itu.

"Jadi karena banyak mobil yang suka singgah, baru parkirnya di bahu jalan, itulah yang sering sebabkan kemacetan," tuturnya.

Andhika mengaku, waktu macet untuk daerah tersebut dimulai ketika memasuki jam pulang kantor yaitu sekitar jam 4 sore hingga menuju waktu berbuka puasa.

Baca Juga: Penjual Minuman Bersoda Musiman Bertaburan di Jalan Dr Sam Ratulangi Kendari, Ada yang 11 Tahun Berjualan

Di tempat yang sama pihak Telisik.id juga sempat menemui salah satu pegawai kantoran, Yesi yang tengah memakirkan kendaraan roda empatnya ketika hendak membeli takjil.

"Kebetulan baru pulang kantor, tidak sempat memasak untuk berbuka jadi beli takjil di sini," tutur Yesi sembari menampilkan senyumnnya yang manis.

Selain area bundaran pesawat tempur, ada beberapa titik pasar tumpah lain di Kota Kendari, seperti di area Pasar Mandonga, di Jalan Saosao dan di area Bundaran Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga