Lanal Kendari Rapid Test Massal di Pelabuhan

Siswanto Azis, telisik indonesia
Kamis, 28 Mei 2020
0 dilihat
Lanal Kendari Rapid Test Massal di Pelabuhan
Para penggunan jasa Pelabuhan Kendari saat rapid tes oleh Tim Lanal Kendari. Foto: Dul/ Telisik

" Rapid test ini dilaksanakan atas perintah Panglima TNI yaitu, membantu tim pengendalian dan pengawasan penegakkan hukum Gugus Tugas COVID-19 daerah, sehubungan dengan ditetapkannya kriteria pembatasan perjalanan orang di seluruh Indonesia. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari, Lantamal VI, Koarmada II bergerak cepat dalam mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 di wilayah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

DanLanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.So mengatakan, Lanal Kendari bersama Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sulawesi Tenggara, BK Lanal Kendari menggelar rapid test massal yang dilaksanakan di Terminal Penumpang Pelabuhan Bungkutoko Kendari, Kamis (28/05/2020).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Kesehatan Lanal Kendari di bawah kendali dari Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos didukung dari KSOP Kota Kendari dan KKP kelas II Kota Kendari.

Baca juga:  Diiming-iming Urut, Petani Asal Buteng Goyang Istri Tetangga

"Rapid test ini dilaksanakan atas perintah Panglima TNI yaitu, membantu tim pengendalian dan pengawasan penegakkan hukum Gugus Tugas COVID-19 daerah, sehubungan dengan ditetapkannya kriteria pembatasan perjalanan orang di seluruh Indonesia," katanya.

Menurutnya, Lanal Kendari selaku Dansatgas untuk Angkatan Laut dibantu oleh tim KKP, Dinkes Provinsi Sultra, unsur Ditjen Hubla, Polri dan syahbandar melaksanakan tindakan antisipasi memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Jadi sasaran kegiatan ini adalah, pengguna jasa maupun fasilitas laut dan bagi para penumpang yang baru tiba maupun yang berangkat melalui pelabuhan ini," ujar Danlanal.

Baca juga:  Mesjid akan Dibuka, Hanya untuk Salat

Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, personil BK Lanal Kendari dibantu Tim Kesehatan KKP dan Dinkes Provinsi Sultra, memeriksa satu persatu anggota Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), Operator Pelabuhan maupun penumpang yang berada di Pelabuhan Bungkutoko.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 163 orang mengikuti rapid test yang terdiri dari TKBM, Pelindo, KPLP, Kementrian Perhubungan, ABK, pedagang pelabuhan dan TNI - Polri yang bertugas di pelabuhan.

"Ke depan pelaksanaan rapid test massal ini akan dilanjutkan di pelabuhan - pelabuhan lain di wilayah Sultra," terangnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala KSOP Kota Kendari  Letkol Mar Benyamin Ginting dan dr. Wahyuni dari dinas KKP kelas II Kendari.

Reporter: Dul

Editor: Sumarlin

Baca Juga