Lantik Camat dan Sekdis, Sekda Konawe Beri Tantangan

Aris Syam, telisik indonesia
Jumat, 01 Juli 2022
0 dilihat
Lantik Camat dan Sekdis, Sekda Konawe Beri Tantangan
Sekda Konawe Ferdinan Sapan saat membacakan SK pelantikan dan pengambilan sumpah Camat Wonggeduku Barat da Sekdis Kominfo Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

" Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Ferdinan Sapan memberikan tantangan kepada pejabat yang baru dilantik yaitu Camat Wonggeduku Barat dan Sekretaris Dinas (Sekdis) Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Ferdinan Sapan memberikan tantangan kepada pejabat yang baru dilantik yaitu Camat Wonggeduku Barat dan Sekretaris Dinas (Sekdis) Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Konawe.

Diketahui pelantikan dan pengambilan sumpah Camat Wonggeduku Barat dan Sekdis Kominfo Konawe itu digelar di aula Kantor BKPSDM, Jumat (1/7/2022).

Ferdinan Sapan dalam sambutannya mengatakan, apapun jabatan dan tanggung jawab yang diemban, itu hanya sekedar jabatan saja, namun yang lebih penting dari itu semua ialah apa yang kita perbuat untuk daerah kita.

Menurutnya, kinerja atau performance seorang Aparatur Sipil Negara (ASN)  itu tidak ditentukan dari penampilan saja, tapi didalamnya ada loyalitas, kepimpinan, dan kemampuan, serta yang lebih penting adalah perilaku.

"Jika itu tidak ada yakin saja kita hanya berada dikategori banyak bicara namun hasilnya tidak pernah kelihatan," ucapnya.

Ferdinan menyampaikan, kepada para camat lama maupun baru, bahwa pastikan apa yang ada diwilayahnya itu memiliki daya saing dari wilayah lainnya.

Namun jika di wilayah tersebut biasa-biasa saja maka nantinya siapapun yang akan menjabat ditempat tersebut akan biasa juga dan begitu juga sebaliknya.

"Jika masih itu-itu saja yang ada di wilayah tanpa ada perkembangan, maka tidak ada bedanya dengan orang lain yang akan menjabat nanti," imbuhnya.

Penandatanganan SK pelantikan oleh Camat Wonggeduku Barat Tira Liambo yang disaksikan Sekda Konawe Ferdinan Sapan dan para tamu undangan. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Terlebih lagi, kata Ferdinan, jika tantangan dinamika saat ini itu semakin berat, ciri-ciri negara maju sala satu diantaranya ialah bagiamana negara itu menguasai yang namanya teknologi, lingkungan sosial, serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sehingga, Ferdinan meminta para camat se-Kabupaten Konawe agar dapat memberikan contoh yang baik terhadap warganya.

Baca Juga: Disetujui Kejagung, Kejari Muna Hentikan Penuntutan Dua Perkara Melalui Restorative Justice

"Jadi saya minta kepada camat, bahwa pastikan teknologi sudah dapat dikuasai, tidak perlu terlalu jauh atau sulit, kuasai komputer saja dulu," jelasnya.

Jendral ASN Konawe itu juga memberikan tugas tantangan kepada pejabat yang baru dilantik, pertama Camat Wonggeduku Barat Tira Liambo, agar kedepannya dapat menyukseskan lomba desa yang ada di wilayahnya.

"Usahakan jangan kalah dengan daerah lainnya dan juga sering kontrol dengan pak desa disana," jelasnya.

Foto bersama Sekda Konawe Ferdinan Sapan bersama Camat Wonggeduku Barat Tira Liambo dan Sekdis Kominfo Konawe I Gusti Ketut Pinda. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Kedua, Sekdis Kominfo Konawe I Gusti Ketut Pinda, yang diketahui selama ini bahwa Kominfo Konawe dianggap dinas yang biasa -biasa saja dan bahkan tidak pernah dilirik. Namun seiring perkembangan informasi dan dinamika akhirnya saat ini Kominfo tumbuh menjadi sentral terhadap potensi yang ada di wilayah ini.

"Jadi tolong apa yang harus dikembangkan di sana harus dikontrol sehingga menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Baca Juga: Tambahan Penghasilan Guru di Buton Selatan Tak Dibayarkan

Terakhir, Ferdinan berharap agar para ASN tidak berhenti untuk berbuat baik, karena niat sebagai ASN adalah untuk mengabdi kepada daerah kita ini.

"Berikan yang terbaik, dan hasilnya juga akan dinilai dengan sesuatu yang baik," pungkasnya.

Pemasangan lencana kepada Camat Wonggeduku Barat, Tira Liambo oleh Sekda Konawe Ferdinan Sapan. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Diketahui, Camat Wonggeduku Barat Tira Liambo sebelumnya menjabat sebagai Sekdis Kominfo Konawe dan kemudian juga I Gusti Ketut Pinda sebelumnya menjabat Camat Wonggeduku Barat namun pihak yang terkait mengundurkan diri dari jabatannya sehingga diangkat menjadi Sekdis Kominfo Konawe. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Musdar

Baca Juga