Lelang Dinilai Bermasalah, Pembangunan RS Surabaya Timur Disorot Warga

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 30 Agustus 2023
0 dilihat
Lelang Dinilai Bermasalah, Pembangunan RS Surabaya Timur Disorot Warga
Perwakilan warga Surabaya, Yusuf Husni membeberkan permasalahan lelang pembangunan rumah sakit di Surabaya Timur. Menurutnya lelang tersebut layak diulang dan pihaknya minta APH turun menyelidikinya. Foto: Ist.

" Sejumlah warga Surabaya mempersoalkan tender pembangunan rumah sakit di Surabaya Timur. Masalahnya, tender tersebut dituding bermasalah "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sejumlah warga Surabaya mempersoalkan tender pembangunan rumah sakit di Surabaya Timur. Masalahnya, tender tersebut dituding bermasalah.

Perwakilan warga Surabaya, Yusuf Husni mengatakan, dari informasi paket pekerjaan bangunan khusus rumah sakit di Surabaya Timur dengan pagu anggaran Rp 503 miliar dari APBD 2023 yang ditampilkan di LPSE Kota Surabaya.

"Dijelaskan, pemenang lelang adalah PP dengan pengajuan penawaran sebesar Rp 494 miliar lebih dan sudah ditetapkan sebagai pemenang lelang pada 24 Agustus 2023. Sedangkan peringkat kedua dalam hal ini adalah Waskita mengajukan penawaran senilai Rp 476 miliar lebih," jelas pria yang juga Ketum Kosgoro 1957 Jawa Timur ini, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga: Target Menang Pemilu 2024, Ini yang Dilakukan PPP di Jawa Timur

Kejanggalan terjadi, lanjut Yusuf Husni, ketika ditetapkan pemenangnya adalah PP, di mana penawaran harga Waskita lebih rendah di bandingkan penawaran PP.

"Kami selaku warga Surabaya mempertanyakan itu mengingat penawaran harga PP lebih tinggi sebesar Rp 17 miliar lebih . Kami menginginkan keterbukaan tersebut mengingat selisih harga yang mencapai Rp 17 miliar dapat digunakan untuk kepentingan lainnya," jelasnya.

Dengan adanya keterbukaan tersebut, lanjut Yusuf Husni, pihaknya menginginkan adanya praktek good governace terkait transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan tender tersebut.

"Kami berharap alat penegak hukum (APH) untuk turun memeriksa adanya kejanggalan tender tersebut. Kami kawatir akan timbul masalah hukum di kemudian hari, juga sudah dilakukan pembangunan rumah sakit tersebut," tandasnya.

Baca Juga: Masa Kerja Gubernur Khofifah Segera Berakhir, Ini Syarat Pj Gubernur Jawa Timur

Tahap lelang manajemen konstruksi (MK) RSUD Surabaya Timur mulai berjalan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya menargetkan pembangunan fasilitas kesehatan (faskes) itu dimulai pada Mei nanti.

Kepala Dinkes Surabaya Nanik Sukristina menyampaikan, tahapan pembangunan RSUD Surabaya Timur berjalan sesuai dengan rencana. Proses diawali dengan lelang MK.

”Tinggal tunggu pemenang,” kata Nanik beberapa waktu lalu.

Lelang manajemen konstruksi RSUD Surabaya Timur terpantau di website layanan pengadaan secara elektronik (LPSE). Tender itu diikuti 31 rekanan. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga