Lestarikan Kearifan Lokal, Pemkot Kendari Gelar Lomba Seni Budaya Suku Tolaki

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 04 Mei 2023
0 dilihat
Lestarikan Kearifan Lokal, Pemkot Kendari Gelar Lomba Seni Budaya Suku Tolaki
Lestarikan kearifan lokal, Pemkot Kendari menggelar beberapa kegiatan lomba pagelaran seni dan budaya Suku Tolaki. Foto: Ist.

" Perayaan HUT Kota Kendari ke-192 akan mengangkat sejumlah kegiatan seni dan budaya Suku Tolaki "

KENDARI, TELISIK.ID - Pergelaran seni dan budaya sebagai rangkaian HUT Kota Kendari ke-192, diisi dengan eksebisi lomba Modinggu dan Megambusu. Pagelaran seni dan budaya dimulai dengan lomba Mondarima Osara yang diikuti seluruh kepala OPD lingkup Kota Kendari.

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, perayaan HUT Kota Kendari akan mengangkat sejumlah kegiatan seni dan budaya Suku Tolaki.

Pagelaran seni dan budaya dalam peringatan HUT ke-192 Kota Kendari dilaksanakan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai kearifan lokal yang menjadi bagian dari aspek pembangunan daerah.

"Kami ingin nilai-nilai kearifan lokal atau kedaerahan tetap dijunjung tinggi sebagai salah satu pedoman dalam menggerakkan pembangunan daerah," ujar Asmawa usai membuka pagelaran seni dan budaya, Rabu (3/4/2023) malam.

Menurutnya, kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan upaya menumbuhkembangkan, membina, menjaga dan melestarikan adat dan budaya yang ada di Kota Kendari, sebagai bagian dari keragaman budaya bangsa Indonesia.

Baca Juga: Kearifan Lokal Budaya Buton, Cara Jitu Hadapi Pandemi COVID-19

Beragam lomba akan berlangsung hingga tanggal 12 Mei 2023, ditutup dengan upacara dan ramah tamah.

Ketua Panitia, Sri Yusnita mengatakan, peserta lomba Mondarima Osara adalah seluruh pejabat eselon 2 mulai dari staf ahli, kepala OPD dan lurah.

Mondarima Osara adalah salah satu rangkaian prosesi dalam upacara adat pada masyarakat Suku Tolaki, dimana sebelum upacara adat dimulai, maka diawali dengan permohonan izin untuk memulai acara kepada pemerintah atau kepada sesepuh yang dihormati dalam wilayah tempat pelaksanaan adat.

Baca Juga: Mengenal Kearifan Lokal Suku Bajo Morowali

Lomba pada tahun ini difokuskan pada para pejabat lingkup Pemerintah Kota Kendari dengan tujuan mengangkat dan melestarikan budaya lokal.

"Saat ini budaya lokal sudah hampir tenggelam digerus arus globalisasi. Dengan adanya lomba Mondarima Osara ini diharapkan pimpinan pemerintahan utamanya pimpinan wilayah memahami tentang tata cara menerima suguhan adat dari pelaku adat Suku Tolaki yang saat ini masih dihormati dan terus dipertahankan," tambahnya.

Selain Mondarima Osara, pagelaran seni budaya lain yang akan dilombakan di antaranya, lomba Modinggu, Mombesara, tari Lariangi dan Megambusu. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

TAG:
Baca Juga