Lestarikan Permainan Tradisional, Pj Wali Kota Kendari Bermain Gasing, Metinggo dan Gala Asin

Tim Telisik, telisik indonesia
Selasa, 12 Desember 2023
0 dilihat
Lestarikan Permainan Tradisional, Pj Wali Kota Kendari Bermain Gasing, Metinggo dan Gala Asin
Pj Wali Kota Kendari dan beberapa pejabat bermain permainan tradisional di pelataran parkir Balaikota Kendari, Selasa (12/12/2023). Foto: Rosmawati/Telisik

" Melestarikan permainan tradisional, Pemerintah Kota Kendari menggelar Pekan Kebudayaan Daerah yang menghadirkan lomba olahraga tradisional seperti metinggo (egrang), gala asin (gobak sodor) "

KENDARI, TELISIK ID - Melestarikan permainan tradisional sebagai nilai budaya bangsa dan kearifan lokal, Pemerintah Kota Kendari menggelar Pekan Kebudayaan Daerah yang menghadirkan lomba olahraga tradisional seperti metinggo (egrang), gala asin (gobak sodor), Selasa (12/12/2023).

Selain itu, ada pula permainan tradisional seperti lari terompah, lari balok, kemudian eksebisi lomba gasing/mehule, festival tari tradisional dan peragaan busana. Kegiatan yang digelar di pelataran parkir kantor Balaikota Kendari ini, bertujuan untuk menjaga tradisi merawat budaya untuk Kendari Bergerak menuju Indonesia maju.

Uniknya, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu dan Sekda Ridwansyah Taridala, terlebih dahulu mengoperasikan permainan tradisional tersebut.

Dengan gagahnya Asmawa Tosepu mencoba memainkan gasing dengan penuh tawa. Namun saat mengoperasikan metinggo (egrang), berkali-kali ia terjatuh. Meskipun sudah melepas sepatunya untuk mencoba bermain, namun tetap gagal.

Baca Juga: Angkat Musik Bambu, Kadis Dikmudora: Perkenalkan Musik Tradisional pada Anak Sekolah

Asmawa Tosepu mengatakan, permainan ini merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) untuk mengangkat nilai-nilai budaya yang ada di Kota Kendari.

"Alhamdulillah ternyata banyak pejabat yang masih bisa seperti Pak Sekda. Teman-teman juga semua pejabat bisa mengoperasikan permainan tradisional ini. Kembali lagi kita ingin mengingatkan saja kepada anak-anak kita terutama generasi muda bahwa ada kegiatan tradisional yang biayanya lebih murah, lebih mudah didapatkan di lingkungan masyarakat," katanya, dengan baju penuh keringat.

Baca Juga: Mengenal Epu-Epu, Kue Tradisional Khas Buton Mulai Jarang Ditemui

Diketahui, permainan tradisional seperti gasing, metinggo, gobak sodor, tidak butuh biaya yang mahal, dan dari sisi kesehatan juga bisa membuat keringatan, yang bikin lebih sehat.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari, Nurhaeda mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan ruang ekspresi dalam upaya pelestarian budaya lokal. (B)

Penulis: Rosmawati

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga