Mengenal Epu-Epu, Kue Tradisional Khas Buton Mulai Jarang Ditemui

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Rabu, 14 Juni 2023
0 dilihat
Mengenal Epu-Epu, Kue Tradisional Khas Buton Mulai Jarang Ditemui
Epu-Epu, kue tradisional khas Buton yang mulai jarang ditemui. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Epu-Epu, jajanan khas pulau Buton yang telah menjadi bagian dari warisan kuliner daerah, khususnya di Kota Baubau kini semakin jarang ditemui di pasar-pasar tradisional "

BAUBAU, TELISIK.ID - Epu-Epu, jajanan khas pulau Buton yang telah menjadi bagian dari warisan kuliner daerah, khususnya di Kota Baubau kini semakin jarang ditemui di pasar-pasar tradisional.

Jajanan tradisional yang satu ini dikenal dengan rasa yang unik dan lezat, namun perlahan-lahan menghilang dari deretan jajanan populer, meninggalkan kerinduan bagi pecinta makanan tradisional.

Berbahan dasar tepung ketan yang kemudian diisi dengan kelapa parut, dipadukan dengan gula merah menghadirkan rasa manis dan gurih.

Baca Juga: Desa Wisata Tinukari Kolaka Utara: Surga Pecinta Olahraga Ekstrem Menggugah Adrenalin

Dilansir dari GenPi.co, epu-epu biasanya disajikan dalam acara jamuan, acara adat, pesta pernikahan, dan acara lainnya.

Namun disituasi terkini, epu-epu sudah jarang ditemui. Perubahan pola konsumsi menjadi salah satu faktor penurunan minat masyarakat terhadap jajanan. Masyarakat Baubau, terutama generasi muda, cenderung lebih memilih makanan instan dan camilan modern yang lebih mudah didapatkan.

"Kalau epu-epu kurang banyak yang suka, jadi jarang kita bikin. Biasa kita bikin tapi tidak laku," ujar Ida salah seorang penjual gorengan.

Baca Juga: Nua Indah: Tempat Wisata Unik di Tengah Laut

Berdasarkan penulusuran, masyarakat Kota Baubau khususnya di kalangan kaum muda, kurang antusias terhadap jajanan khas yang satu ini, bahkan mereka jarang mengetahui tentang epu-epu.

"Sebelumnya tidak pernah makan epu-epu, jadi tidak tahu rasanya seperti apa," ujar Sinta (17), sebagai salah satu kaum milenial Kota Baubau. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga