Lima Tahun, Kinerja Bupati Muna Kategori Baik

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 26 November 2021
0 dilihat
Lima Tahun, Kinerja Bupati Muna Kategori Baik
Inspektur Muna, La Kuoanto menyerahkan laporan hasil penilaian kinerja ke Bupati LM Rusman Emba. Foto: Sunaryo/Telisik

" Berdasarkan penilaian Inspektorat Sultra terhadap laporan hasil pemeriksaan dalam rangka berakhirnya masa jabatan kepala daerah periode 2016-2021, kinerja Bupati Muna dalam lima tahun terakhir berada pada kategori baik "

MUNA, TELISIK.ID -  Berdasarkan penilaian Inspektorat Sultra terhadap laporan hasil pemeriksaan dalam rangka berakhirnya masa jabatan kepala daerah periode 2016-2021, kinerja Bupati Muna dalam lima tahun terakhir berada pada kategori baik.

Capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan yang dijalankan Rusman Emba berdasarkan aspek kesejahteraan masyarakat, daya saing daerah dan pelayanan umum, mendapatkan nilai 80,20 persen.

Atas capaian kinerja baik itu, Rusman menyampaikan apreasiasi terhadap organisasi perangkat daerah (OPD) yang telah membantunya dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

"Capaian kinerja baik ini akan kita terus tingkatkan di periode kedua sehingga hasilnya menjadi sangat baik," kata Rusman, Jumat (26/11/2021).

Di periode kedua bersama wakilnya Bachrun Labuta, mantan Senator DPD-RI itu akan terus fokus dalam kegiatan pelayanan publik dan peningkatan pendapatan masyarakat. Karena itu, ia menekankan pada OPD untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja.

Baca Juga: Peringati Hari Guru, Bupati Butur Bacakan Pidato Mendikbudristek

Baca Juga: Berkunjung ke Desa Wisata Liya Togo, Sandiaga Uno Berikan Hadiah Perlengkapan Menjahit

Sementara itu, Inspektur Muna, La Kuoanto menerangkan, penilaian terhadap kinerja kepala daerah dilakukan lima tahun sekali. Dasar penilaian sesuai Permendagri nomor 52 tahun 2018 tentang pemeriksaan kinerja dalam rangka berakhirnya masa jabatan kepala daerah.

"Hasil penilaian capaian kinerja itu akan dilaporkan di Kemendagri dan presiden," sebutnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga