Lindungi Anak dari Bahaya Asap Rokok

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Rabu, 24 Mei 2023
0 dilihat
Lindungi Anak dari Bahaya Asap Rokok
Sosialisasi tentang kawasan bebas asap rokok dilaksanakan di salah satu masjid Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, Kota Kendari. Foto: Ist.

" Paparan asap rokok yang membahayakan dan mengancam kesehatan anak, menggerakan forum anak bersama Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Kendari untuk menciptakan kawasan bebas rokok "

KENDARI, TELISIK.ID - Paparan asap rokok yang membahayakan dan mengancam kesehatan anak, menggerakan forum anak bersama Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Kendari untuk menciptakan kawasan bebas rokok.

Anak-anak memiliki kemampuan meniru dan mempengaruhi perilaku lingkungan mereka. Dengan mewujudkan kawasan tanpa rokok, dapat memberikan contoh yang positif kepada anak-anak

Sosialisasi penerapan kawasan tanpa rokok (KTR) dilaksanakan di Masjid Kelurahan Wundudopi, Kendari, Rabu, (24/5/2023) yang melibatkan Forum Anak Kota Kendari, DP3A bidang pemenuhan hak anak, remaja masjid dan masyarakat setempat.

Baca Juga: Ini Syarat Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Kota di Sulawesi Tenggara

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Forum Anak Kota Kendari, Berlian menjelaskan, beberapa hal terkait sosialisasi Perda Nomor 16 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok itu bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat tanpa asap rokok.

“Sosialisasi ini juga kita laksanakan bersama lintas sektor di kecamatan, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang sehat tanpa asap rokok,” jelasnya kepada peserta.

Dalam penjelasannya, tempat yang harus  menjadi kawasan tanpa rokok yaitu meliputi  tempat umum seperti tempat kerja, lokasi ibadah, tempat berkumpulnya anak-anak, angkutan umum, fasilitas belajar mengajar serta fasilitas pelayanan kesehatan dan sarana olahraga.

Baca Juga: Raperda Pajak dan Retribusi Daerah Kota Kendari Hampir Rampung

Suasana sosialisasi berjalan dengan lancar dan para peserta dapat memahami isi penjelasan dari pembawa materi. Peserta dan pembawa materi saling tanya jawab, terkait pentingnya kawasan tanpa asap rokok.

Salah seorang remaja masjid, Muhammad Aldi menjelaskan, kegiatan seperti itu jangan hanya diadakan di satu tempat saja, tapi bisa di beberapa lokasi.

"Agar jangkauannya lebih luas dan masyarakat lebih sadar," ucapnya. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga