adplus-dvertising

Lindungi Warga dari COVID-19, Pemda Gandeng Polres Bombana Inisiasi Program Laicamo Care

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 19 Agustus 2021
1099 dilihat
Lindungi Warga dari COVID-19, Pemda Gandeng Polres Bombana Inisiasi Program Laicamo Care
Launching inovasi layanan Laicamo Care. Foto: Hir/Telisik

" Dengan menggandeng Polres Bombana, masyarakat yang selama ini takut berobat ke rumah sakit dan Puskesmas dapat dirawat di rumah dengan pemantauan oleh tenaga kesehatan melalui telepon "

BOMBANA, TELISIK.ID – Akhir-akhir ini fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan Puskesmas menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Tempat itu dianggap menjadi tempat yang endemik virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana, Darwin mengatakan, inovasi Laicamo Care merupakan program penanganan dan pelayanan kesehatan kepada warga yang humanis di tengah pandemi COVID-19.

Dengan menggandeng Polres Bombana, masyarakat yang selama ini takut berobat ke rumah sakit dan Puskesmas dapat dirawat di rumah dengan pemantauan oleh tenaga kesehatan melalui telepon.


“Saat ini masyarakat takut ke rumah sakit dan Puskesmas karena takut dinyatakan positif COVID-19. Maka kami lakukan pelayanan hanya dengan koordinasi melalui telepon,” pungkasnya, Kamis (19/8/2021).

Sistem kerja Laicamo Care ini sangat mudah. Jika ada warga yang demam atau mengalami gangguan kesehatan maka keluarga langsung konsultasi pada nomor layanan 0823 7117 1193, 0823 7117 1196, 0823 7117 1180.

Dari Layanan tersebut, akan tersambung dengan dokter dan Puskesmas. Jika hasil diagnosa dan obat telah disiapkan, maka obat langsung dijemput oleh personel Polres Bombana lalu diantar ke rumah pasien sesuai alamat yang dituju. Semua konsultasi dilakukan melalui sambungan telepon.

Di tempat yang berbeda, Kapolres Bombana menilai inovasi layanan Laicamo Care ini sangat efektif dan dapat memberikan perilndungan yang baik kepada warga terhadap penyebaran wabah Corona.

Pihaknya berharap program Laicamo Care ini dapat menjangkau ke seluruh pelosok, bukan hanya warga yang sedang melaksanakan isoman saja, tetapi juga kepada seluruh warga yang mengalami gangguan kesehatan agar cepat mendapat pengobatan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Tidak Ada Fasilitas Kesehatan, Warga Kabaena Harus Siapkan Belasan Juta Biaya Pemulangan Jenazah

Baca Juga: Mantan Caleg PKPI Jadi Tersangka Pengedar dan Pemakai Narkoba

“Warga yang mengalami gangguan kesehatan dapat menelepon ke operator Laicamo Care. Manti obat-obatan sesuai resep dokter akan diantar langsung ke rumah oleh Bhabinkamtibmas secara gratis kapan pun dan dimana pun demi kesehatan masyatakat kita,” pungkasnya.

Kepala Puskesmas Rarowatu Utara, Satar mengatakan, saat ini Puskesmas telah menjalankan sistem ini. Menurutnya sistem Laicamo Care ini sangat efektif.

“Untuk pasien yang melalui layanan kabupaten belum ada sampai saat ini, tapi melalui layanan perawatan via telepon sudah ada pasien yang kami tangani dan hasilnya alhamdhulillah cepat dan efektif tanpa masyarakat yang sakit datang ke Puskesmas,” singkatnya. (A)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga