adplus-dvertising

Lingkungan Oinan Tooge di Wakatobi Bakal Disulap Jadi Kampung Inggris

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Selasa, 27 Juli 2021
998 dilihat
Lingkungan Oinan Tooge di Wakatobi Bakal Disulap Jadi Kampung Inggris
Remaja melakukan percakapan dengan turis mancanegara. Foto: Repro Google.com

" Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, mendukung terbentuknya Kampung Inggris di Wakatobi. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, mendukung terbentuknya Kampung Inggris di Wakatobi.

Pencetusan Kampung Inggris Ini disampaikan oleh Bupati Wakatobi Haliana saat mengukuhkan pengurus Komunitas Obrol Pemuda Kreatif dan Inovatif (Kaopi) periode 2021-2024, di aula Hotel Wisata, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan.

Haliana yakin dan percaya pengurus Kaopi bisa menjadi batu loncatan bagi generasi muda untuk mulai belajar bahasa Inggris sejak dini.


"Mudah-mudahan di Wakatobi ada Kampung Inggris. Sejak beberapa tahun lalu sudah saya niatkan. Rencananya akan dilakukan di lingkungan Oinan Tooge," ungkap Haliana, Selasa (27/7/2021).

Dimana nantinya lingkungan tersebut akan dibuatkan aktivitas mengaji, dan kursus bahasa Inggris. Pusat dari pembelajaran tersebut nantinya ada di SD 2 Mandati yang merupakan sekolah masa kecil bupati.

Baca juga: Buton Level 2 COVID-19, Masyarakat Diimbau Tetap Beraktivitas Positif

Baca juga: Cegah Penyebaran Varian Delta, Pelabuhan Kedindi Reo Perpanjang Aturan Pembatasan Angkutan Kapal

"Saya berharap anak-anak di kelas 3 SD sudah bisa mengerti bahasa Inggris, kelas 5 sudah harus bisa conversation (percakapan). Sehingga anak-anak kita memiliki nilai sekaligus merangsang minat masyarakat lainnya untuk melakukan hal yang sama,” tuturnya.

Niat Haliana bukan tanpa sebab. Lingkungan Oinan Tooge diketahui memiliki banyak guide (pemandu) yang dapat diberdayakan, sehingga ia mendorong untuk memberikan ilmu yang bermanfaat untuk pendidikan anak-anak di sana.

Ketua Umum Kaopi, Ikhwan, sangat mendukung hal tersebut karena sama dengan visi Kaopi yaitu mewujudkan pemuda berkembang, kompetitif dan tangguh (bangkit). Serta mewujudkan pemuda Wakatobi yang berkarakter religius, humanis, serta berkarakter entrepreneur.

"Dari visi dan misi ini kemudian diharapkan terwujud lima pilar pemuda bangkit yaitu pemuda cerdas, sehat, produktif, berbudaya dan pemuda peduli masalah-masalah sosial di Wakatobi," ungkap Ikhwan.

Perlu diketahui, Kaopi sendiri merupakan komunitas yang dideklarasikan bertepatan pada hari pelantikan Bupati Haliana tepatnya tanggal 28 Juni 2021. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga