Lomba Mosolori Antar Kepala OPD Semarakkan HUT ke-193 Kota Kendari

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 08 Mei 2024
0 dilihat
Lomba Mosolori Antar Kepala OPD Semarakkan HUT ke-193 Kota Kendari
Pj Wali Kota Kendari bersama Sekda Kota Kendari memulai Mosolori. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Lomba mosolori antar OPD menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Lomba mosolori antar OPD menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari, yang berlangsung di Anjungan Teluk Kendari, Rabu (8/5/2024).

Mosolori adalah cara membuat masakan tradisional masyarakat suku Tolaki, yakni sagu yang dituangkan air panas hingga masak menjadi sinonggi.

Lomba Mosolori bertujuan untuk mengenalkan hasil pangan lokal sebagai makanan khas daerah Sulawesi Tenggara seperti sagu.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, lomba Mosolori yang diikuti Kepala OPD, berlangsung meriah dengan berbagai menu yang disajikan oleh peserta lomba.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengunjungi dan menanyakan satu per satu sajian makanan yang dihidangkan oleh peserta lomba Mosolori.

Baca Juga: Meriahkan HUT ke-193 Kota Kendari Pemkot Gelar Aksi Bersih Teluk Kendari

Yusup mengatakan, lomba ini tidak hanya bersifat seremonial tapi memenuhi tugas pemda untuk mensosialisasikan makanan tradisional, mengampanyekan dan mengedukasi masyarakat terkait makanan tradisional.

Pj Wali Kota Kendari saat membuka lomba Mosolori antar OPD lingkup Kota Kendari. Foto: Erni Yanti/Telisik

 

"Kita lihat tadi makanan yang disajikan semua memenuhi unsur gizi  tidak kalah dengan makanan modern," kata Pj Wali Kota Kendari.

Pj Wali Kota Kendari saat mengunjungi sajian makanan khas yang dihidangkan oleh peserta lomba Mosolori. Foto: Erni Yanti/Telisik

 

Lanjut Pj Wali Kota, lomba ini merupakan langkah awal untuk bersama-sama meningkatkan pangan lokal. Pangan lokal yang penuh dengan rempah-rempah yang baik untuk kesehatan juga penguatan gizi.

Kegiatan lomba Mosolori ini diselenggarakan oleh Dinas BPBD dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari. Kegiatan lomba Mosolori menjadi kegiatan rutin tahunan pada HUT Kota Kendari.

Kemeriahan lomba Mosolori saat Pj Wali Kota Kendari dan Sekda Kota Kendari mengaduk menjadi sinonggi. Foto: Erni Yanti/Telisik

 

Ketua panitia lomba Mosolori, Fadil Suparman, yang juga Kadis BPBD Kota Kendari mengatakan, kegiatan lomba Mosolori telah berlangsung selama 3 tahun berturut-turut. Lomba ini dikuti 33 OPD, 11 kecamatan, 3 direktur.

Baca Juga: Ribuan Warga Kota Kendari Padati Lapangan Benu-benua Saksikan Aksi Virgoun

"Sebenarnya ini sudah tahun ke-3, dan Alhamdulilah semua OPD, 11 kecamatan, Direktur PDAM, Direktur Pasar dan Direktur Perumda ikut berpartisipasi pada acara kita," kata Fadil.

Peserta dari Dinas PTSP Kota Kendari menyediakan sajian makanan kabengga tinunu, ulu ika nurapo, daging nilalah, ikan palumara, sayur bening campur dan paku nilawa.

Kepala Dinas PTSP Kota Kendari, Maman Firmansyah mengatakan, Mosolori merupakan sajian sagu mentah yang kemudian dituangkan air panas lalu diaduk hingga menjadi sinonggi. (A-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga