Meriahkan HUT ke-193 Kota Kendari Pemkot Gelar Aksi Bersih Teluk Kendari

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 08 Mei 2024
0 dilihat
Meriahkan HUT ke-193 Kota Kendari Pemkot Gelar Aksi Bersih Teluk Kendari
Forkopimda Kota Kendari turun membersihkan sampah laut menggunakan perahu. Foto: Ist.

" Sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari, Pemerintah Kota Kendari menggelar acara wisata pungut sampah di Teluk Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari, Pemerintah Kota Kendari menggelar acara wisata pungut sampah di Teluk Kendari, Selasa (7/5/2024).

Aksi tersebut melibatkan Forkopimda, instansi vertikal, para Aparatur Sipil Negara (ASN), dan masyarakat sekitar dengan tujuan untuk memeriahkan perayaan HUT Kota Kendari sembari meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Teluk Kendari sebagai salah satu ikon Kota Kendari, dipilih sebagai lokasi aksi ini karena peran pentingnya sebagai sumber daya alam dan potensi pariwisata. Namun, sayangnya, Teluk Kendari seringkali tercemar oleh sampah-sampah plastik dan limbah lainnya yang dibuang secara sembarangan.

Dalam aksi bersih kali ini, partisipasi dari berbagai pihak sangat signifikan. Forkopimda, yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan pemerintah daerah, memberikan dukungan penuh dengan mengirimkan personelnya untuk turut serta dalam kegiatan ini.

Tidak hanya melibatkan pihak-pihak terkait, namun partisipasi masyarakat sekitar juga sangat diperlukan. Dengan melibatkan masyarakat lokal, nelayan ikut berpartisipasi.

Baca Juga: Virgoun Batal Tampil, Penonton Tetap Antusias Meski Lapangan Benu-benua Becek

Selain membersihkan Teluk Kendari dari sampah-sampah yang mengotorinya, kegiatan ini juga menjadi momen edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan laut dan lingkungan secara keseluruhan.

Para nelayan turut membersihkan pesisir Teluk Kendari. Foto: Erni Yanti/Telisik

 

Selama aksi pungut sampah, peserta diberikan peralatan dan fasilitas yang dibutuhkan, seperti sarung tangan dan kantong sampah, untuk memudahkan dalam pengumpulan sampah.

Setelah itu, sampah-sampah yang terkumpul akan diangkut dan dipilah untuk didaur ulang atau dibuang secara aman sesuai prosedur yang berlaku. Sampah yang telah dikumpulkan dari kegiatan ini sebanyak 12 ton.

Salah seorang nelayan, Hawa mengatakan turut membantu membersihkan dengan antusias sampah-sampah berserakan di Teluk Kendari, mulai dari pesisir laut sampai dengan sampah-sampah di laut sekitar Teluk Kendari.

ASN lingkup Pemerintah Kota Kendari foto bersama usai membersihkan di Teluk Kendari. Foto: Erni Yanti/Telisik

 

"Sekarang sudah bersih, pengunjung juga nyaman melihat ini. Sebelumnya banyak sekali sampah, mungkin karena banjir juga, menyebabkan sampah-sampah yang dari darat turun di pesisir sehingga terlihat sangat kotor," kata Hawa.

Hawa juga mengatakan, laut sebagai tempat mata pencariannya, sehingga dia turut antusias berpartisipasi mengikuti bersih-bersih laut dan pesisir.

Baca Juga: 24 Perusahaan Siapkan Ribuan Lowongan Kerja di Job Fair Lippo Plaza Kendari

Ia berharap semua masyarakat menanamkan kesadaran pada dirinya tentang pentingnya kebersihan lingkungan.

Koordinator Penyuluh Perikanan Kota Kendari, Mirnawati Firdaus, mengerahkan para nelayan untuk bergerak memungut sampah di laut. Ia meminta Pemda Kota Kendari memberikan sanksi yang bisa memberikan efek jera terhadap yang membuang sampah sembarangan.

"Ini harus ditegaskan karena sampah-sampah di darat juga akan kembali ke laut sehingga merusak ekosistem laut dan keindahan kota," kata Mirnawati. (A-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga