Lurah dan Komisioner KPU Muna Nyaris Adu Jotos

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 03 November 2020
0 dilihat
Lurah dan Komisioner KPU Muna Nyaris Adu Jotos
Anggota TNI berusaha melerai perselisihan antara Lurah Raha I dengan komisioner KPU Muna. Foto: Ist.

" Bapak juga salah, tanyakan siapa kamu. Dia itu lurah Pak. "

MUNA, TELISIK.ID - Lurah Raha I, Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna, LM Iksan nyaris terlibat adu jotos dengan Komisioner KPU, Muhamad Ichsan.  

Insiden itu, terjadi di Kantor Kelurahan Raha I, Senin (2/11/2020) sekira pukul 09.00 Wita dan terekam video yang telah beredar luas di jejaring Media Sosial (Medsos).

Dalam video berdurasi 4.19 menit itu tampak terlihat, lksan dan Ichsan terlibat pertengkaran dan nyaris adu jotos. Keduanya nampak dilerai oleh PPK dan personil TNI. Bahkan, salah satu kepala lingkungan, nampak menenangkan komisioner KPU itu saat digiring di depan kantor oleh anggota TNI.

"Bapak juga salah, tanyakan siapa kamu. Dia itu lurah Pak," kata kepala lingkungan dalam video itu.

Bukannya berhenti, Ichsan malah balik menanya pria yang berbaju hitam itu.  

"Kamu siapa," tanya Ichsan.

"Saya kepala lingkungan di sini," jawabnya.

Ichsan lalu ditenangkan serta meminta agar KPPS tidak lagi berkantor di Kelurahan Raha I.

Baca juga: Sebuah Minibus Terjun Bebas di Parit

"Mulai hari ini sekretariat, tidak ada yang berkantor disini ya," tegasnya.

Lurah Raha I, LM Iksan menerangkan kronologis kejadian itu bermula kala ada salah seorang peserta yang mengikuti seleksi PPS, mengkomplain hasil pengumuman, karena diduga yang lulus itu menggunakan ijazah palsu. Peserta yang tidak lulus terlibat pertengkaran dengan Ketua PPS, Awaluddin. Karena dengar ribut-ribut, ia lalu berusaha menengahi. Kemudian, muncul Ketua PPK, Sadam yang menyarankan agar menerima tanggapan itu untuk selanjutnya diteruskan ke KPU.

"Saat itu permasalahan sudah selesai. Tiba-tiba muncul komisioner KPU, Ichsan bertanya ada apa ini. Saya persilakan untuk duduk, tapi dia (Ichsan) langsung bertanya, siapa kamu. Saya bilang saya lurah. Dia lantas marah, saya juga tidak tahan dengan ocehannya langsung usir dia keluar dari kantor karena sudah buat keributan," bebernya.

Bukan hanya itu, pamannya, Ashadi menjadi bulan-bulanan sang komisioner itu.

"Dia (Ichsan) bilang kasih tau kemenakanmu itu suruh diam. Komorang tidak tahu saya kah. Siapa kah yang komorang andalkan," katanya meniru perkataan Ichsan.

Jadi apa yang ada pada rekaman video itu benar. Ia marah, karena komisioner KPU itu yang memulainya. Selama ini juga, ia tidak pernah mengurusi persoalan KPPS. Bahkan, ia memberikan fasilitas di kantornya untuk dijadikan sebagai sekretariat.

Sementara itu, Komisioner KPU Muna,  Muhamad Ichsan belum memberi keterangan terkait kejadian di Kelurahan Raha I. Dikonfirmasi via pesan WhatsApp-nya, Ichsan belum membalas. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga