Madu Trigona Mampu Tingkatkan Hormon Keharmonisan Pasutri, Lebahnya Mulai Diternak

Nyoman Andre Mahendra, telisik indonesia
Kamis, 13 Juli 2023
0 dilihat
Madu Trigona Mampu Tingkatkan Hormon Keharmonisan Pasutri, Lebahnya Mulai Diternak
Sarang madu trigona dengan berbagai manfaat kini mulai diternak di Konawe Selatan. Foto: Nyoman Andre Mahendra/ Telisik

" Madu trigona atau sering dikenal dengan madu klanceng sudah tidak asing lagi untuk sebagian masyarakat, madu yang dihasilkan dari hewan lebah bernama apis tigona "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Madu trigona atau sering dikenal dengan madu klanceng sudah tidak asing lagi untuk sebagian masyarakat, madu yang dihasilkan dari hewan lebah bernama apis tigona.

Madu sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat khususnya Indonesia, madu bagi masyarakat merupakan hal yang wajib ada di rumah, terutama masyarakat yang sudah paham betul dengan manfaat madu itu sendiri.

Madu trigona merupakan hasil nektar dari tumbuhan yang dihisap oleh lebah lalu dikumpulkan di sarangnya, lebah tigona berukuran kecil seperti nyamuk, dalam satu sarang lebah tigona dibutuhkan ribuan untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Masyarakat saat ini mulai antusias merawat dan memelihara lebah ini, indukan madu ini bisa ditemukan di tengah hutan biasanya diperoleh di dalam batang-batang pohon yang sudah mati, lalu masyarakat membawa pulang agar lebah lebih mudah mencari pakan alaminya.

Baca Juga: Pemuda di Moramo Sukses Berternak Ayam Pedaging Broiler, Begini Triknya

Masyarakat membuatkan sarang lebah trigona dengan papan berbentuk persegi empat, lalu ditutup dengan papan berlapiskan plastik agar air tidak masuk ke sarang.

Salah satu rumah masyarakat yang menjadi lokasi ternak lebah ini berada di Kecamatan Mowila, Kabupaten Konawe Selatan, ada banyak kotak lebah tigona yang diternak di sana.

Peternak ini sudah memiliki sekitar 150 kotak sarang lebah tigona, seperti dilakukan Adi Darmawan yang sudah berternak madu ini dari tahun 2018.

"Ya berternak madu tigona ini tidak semudah kita mengambil madu di hutan yang tinggal ambil, di sini kita perlu mengumpulkan sedkit demi sedikit madu yang sudah dikumpulkan oleh lebah," ungkapnya, Kamis (13/7/2023).

Adi menyampaikan, perlu lebih sabar dalam memanen madu ini, karena untuk mendapatkan beberapa CC madu dibutuhkan ribuan lebah madu untuk keluar masuk mengisi sarangnya.

Madu trigona juga memiliki banyak manfaat, terutama bagi pasangan suami istri dapat menambah hormon kesuburan pada pria dan wanita, selain itu juga memiliki beberapa manfaat di antaranya, menangkal radikal bebas, meningkatkan imunitas tubuh, meredakan batuk, menjaga kesehatan jantung dan lain-lain.

Madu juga identik dengan mampu menambah energi atau kekuatan fisik seseorang, biasanya madu dicampur dengan telur ayam kampung oleh masyarakat untuk dijadikan minuman suplemen.

Baca Juga: Rest Area Puncak Tiriondahi Poros Kendari-Konawe Selatan Suguhkan Pemandangan Indah bagi Pengendara untuk Istirahat

Madu trigona memiliki rasa yang unik, ada rasa asam, asin, manis, pahit. Ini juga yang membedakan madu trigona dengan madu lebah pada umumnya.

Salah satu masyarakat penikmat madu ini Obet, bahkan langsung dari sarangnya, dengan cara menyedotnya menggunakan pipet.

"Saya kalau sudah minum madu ini setiap sore, nanti malamnya enak sekali tidur. Saya sering minum langsung dari sarangnya pakai pipet, rasanya nano-nano," ujar Obet.

Dia menambahkan, jika lebah ini tidak hanya mencari madu dengan tanaman seperti bunga, tapi juga mencari nektar dari tanaman rempah-rempah lainnya.

Madu trigona sudah terbukti banyak memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, sudah banyak studi yang menjelaskan kebaikan dari madu tersebut. (B)

Penulis: Nyoman Andre Mahendra

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga