Mahasiswa KKN Tematik UHO Kendari Bakal Sulap Pekarangan Rumah Warga Kadia jadi Tanaman Obat

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 01 Agustus 2023
0 dilihat
Mahasiswa KKN Tematik UHO Kendari Bakal Sulap Pekarangan Rumah Warga Kadia jadi Tanaman Obat
Mahasiswa KKN Tematik UHO Kendari di Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia punya program tanaman obat keluarga. Foto: Ist.

" Pekarangan rumah oleh sebagian orang biasanya hanya dihiasi tanaman bunga, fungsinya sebagai pemanis pemandangan tanpa ada manfaat lain yang bisa diambil dari tanaman tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Pekarangan rumah oleh sebagian orang biasanya hanya dihiasi tanaman bunga, fungsinya sebagai pemanis pemandangan tanpa ada manfaat lain yang bisa diambil dari tanaman tersebut.

Namun, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, punya ide cemerlang untuk mengoptimalisasi pekarangan rumah di Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia.

Ketua Tim Dosen Pembimbing Lapangan, Jafriati mengatakan, tema KKN Tematik ini adalah pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) dan penyuluhan perilaku pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat di Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia Kota Kendari.

Baca Juga: Seribu Lebih Mahasiswa KKN Tematik UHO Resmi Dilepas

Jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik UHO 2023 ini sebanyak 15 orang yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Fakultas Kedokteran (FK) UHO dan didampingi oleh 6 orang Dosen Pembimbing yaitu Jafriati, Asnia Zainuddin, Nani Yuniar, Harleli, Fifi Nirmala G dan Syawal Kamiluddin Saptaputra.

Selain itu, kegiatan yang akan dilakukan adalah memberikan penyuluhan mengenai perilaku PHBS, untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup dimulai dari tingkat keluarga atau rumah tangga, lingkungan sekolah dan masyarakat luas.

Baca Juga: 3 Mahasiswa UHO Kendari jadi Pemenang LKTI yang Diadakan Universitas Pattimura

Lurah Kadia, Yance Sampe mengatakan, sangat senang menerima peserta KKN Tematik di Kelurahan Kadia. Ia sangat berharap peserta KKN Tematik biasa memberikan pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan pekarangan dan juga penyuluhan PHBS. Peserta KKN Tematik bisa bekerjasama dengan ibu-ibu desa wisma untuk kesuksesan program ini.

Diharapkan dalam pelaksanaannya, mahasiwa juga bisa ikut aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh kelurahan dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyakat, apalagi bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga