Mahasiswa Stikes Pelita Ibu Kendari Praktik Administrasi dan Manajerial di RSU Bahteramas

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 19 Februari 2023
0 dilihat
Mahasiswa Stikes Pelita Ibu Kendari Praktik Administrasi dan Manajerial di RSU Bahteramas
Penyerahan 12 mahasiswa program studi administrasi rumah sakit Stikes Pelita Ibu untuk praktik kerja lapangan di RSU Bahteramas. Foto: Ist.

" Kegiatan belajar mengajar tidak hanya berlaku di dalam ruang kelas. Banyak bidang keilmuan yang tidak hanya butuh teori tapi juga perlu praktik untuk menyerap ilmunya "

KENDARI, TELISIK.ID - Kegiatan belajar mengajar tidak hanya berlaku di dalam ruang kelas. Banyak bidang keilmuan yang tidak hanya butuh teori tapi juga perlu praktik untuk menyerap ilmunya.

Stikes Pelita Ibu Kendari melepas 12 mahasiswa program studi Administrasi Rumah Sakit untuk melakukan praktek belajar lapangan (PBL) di Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas.

Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSU Bahteramas, Yane Anastasia Paternus menyambut baik kedatangan puluhan mahasiswa tersebut.

Baca Juga: Tak Kunjung Diperbaiki, Masyarakat Blokir Jalan Menuju Kebun Raya

Menurutnya, itu merupakan kali kedua mahasiswa Stikes Pelita Ibu melakukan kegiatan PBL di tempatnya. Setelah sebelumnya mereka telah menyelesaikan kegiatan PBL 1 pada Agustus hingga September.

Mahasiswa program studi administrasi rumah sakit akan melakukan tugas PBL tersebut selama 21 hari, berfokus pada pembelajaran akreditasi rumah sakit. Mahasiswa dipandu untuk mengetahui tentang organisasi dan proses administrasi di rumah sakit, dengan melihat situasi nyata di lapangan serta memahami standar akreditasi rumah sakit.

Kepala Diklat RSU Bahteramas turut merespon baik kegiatan PBL mahasiswa Stikes Pelita Ibu. Ia mengatakan, itu merupakan kali pertama mahasiswa melakukan praktik di rumah sakit namun bukan di pelayanan medis, melainkan manajemen dan administrasi.

"Adanya mahasiswa administrasi rumah sakit bisa memberi gambaran kepada masyarakat pada umumnya, bahwa rumah sakit tidak hanya berisi tentang pasien yang harus disembuhkan, tetapi ada hal-hal manajerial dan administratif yang dapat menunjang pelayanan di rumah sakit," tambahnya.

Baca Juga: Puluhan Sepeda Motor Knalpot Bising Terjaring Razia di Konawe

Ke-12 mahasiswa administrasi rumah sakit tersebut akan diberi tugas sesuai kelompok kerja (pokja) masing-masing, yaitu tata kelola rumah sakit (TKRS), manajemen rekam medis dan informasi kesehatan (MRMIK), pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI), pendidikan dalam pelayanan kesehatan (PPK), akses dan kesinambungan pelayanan (AKP), hak pasien dan keterlibatan keluarga (HPK), pengkajian pasien (PP), pelayanan dan asuhan pasien (PAP), pelayanan anestesi dan bedah (PAB), pelayanan kefarmasian dan penggunaan obat (PKPO), komunikasi dan edukasi (KE), sasaran dan keselamatan pasien (SKP).

Dari 12 pokja tersebut, para mahasiswa akan dibimbing langsung oleh Tim Servator Akreditas RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara, hal itu memberi semangat tersendiri bagi mahasiswa dalam menjalankan praktik kerja lapangan.

Selain pengalaman bagi para mereka, hal tersebut juga menjadi tempat pengaplikasian teori dari ilmu administrasi dan manajemen yang selama ini dipelajari di bangku perkuliahan. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga