Mengenal Rektor Baru IAIN Kendari, Sosok Penjual Jagung Rebus yang Ulet

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 16 Juni 2023
0 dilihat
Mengenal Rektor Baru IAIN Kendari, Sosok Penjual Jagung Rebus yang Ulet
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas melantik Husain Insawan, sebagai Rektor IAIN Kendari periode 2023-2027. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di ruang OR Kantor Kemenag Lapangan Banteng Jakarta, Jumat (16/6/2023). Foto: Kolase

" Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas melantik Husain Insawan, sebagai Rektor IAIN Kendari periode 2023-2027. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di ruang OR Kantor Kemenag Lapangan Banteng Jakarta "

KENDARI, TELISIK.ID - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas melantik Husain Insawan, sebagai Rektor IAIN Kendari periode 2023-2027. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di ruang OR Kantor Kemenag Lapangan Banteng Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Husain resmi menggantikan Rektor IAIN Kendari yang dulu dijabat Faizah Binti Awad. Sebelumnya, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas sempat memperpanjang masa jabatan Faizah selang masa suksesi Rektor IAIN Kendari.

Usai melantik Rektor IAIN Kendari bersama lima rektor PTKN lainnya, Menag mengingatkan tentang pentingnya mendalami rencana pembangunan jangka panjang nasional (RPJPN) yang baru saja diluncurkan Presiden Joko Widodo pada Kamis, 15 Juni 2023.

“Saya berharap para pimpinan PTKN memahami visi RPJPN secara holistik yang menjadi tulang punggung Kementerian Agama, dalam melaksanakan pembangunan nasional,” pesan Menag.

Baca Juga: Rektor IAIN Kendari Ditunjuk Menag Pantau Kualitas Pelayanan Haji di Arab Saudi

Usai dilantik, Husain Insawan mengatakan, jabatan rektor adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

“Insya Allah, saya akan mewakafkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mengembangkan IAIN sebagaimana yang kita cita-citakan bersama menjadi kampus yang unggul, moderat dan visioner serta memiliki daya saing tinggi dengan menerapkan kepemimpinan kolaboratif dan koordinatif. Semua ini bisa terwujud dengan dukungan semua unsur sivitas akademika,” ucapnya.

Lalu siapa Husain? Berikut Telisik.id mengulasnya.

Husain dikenal sebagai anak yang tekun pendidikan sejak kecil. Pria yang akrab disapa Hamuse dalam keluarga itu pernah menceritakan masa kecil tak mudah harus dilalui.

Dia mengungkapkan, sejak kecil ditekankan untuk menjadi pribadi yang ulet dan pantang menyerah. Selain belajar dia berkeliling menjual jagung rebus usai pulang sekolah.

Menyelesaikan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kendari tahun 1985. Ia melanjutkan pendidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kendari 1988 dan pendidikan guru Agama Negeri Kendari 1991.

Baca Juga: IAIN Kendari Pamer Biopestisida dari Ubi Hutan Karya Mahasiswa di AICIS Expo 2023

Selanjutnya, ia berhasil menempuh pendidikan S1 sebagai Sarjana Pendidikan Bahasa Arab di Institut Agama Islam Negeri Alauddin di Kendari tahun 1996 dan melanjutkan pendidikan sebagai Magister Pendidikan Islam di UM Malang tahun 2000.

Tak berhenti sampai S2, pentingnya pendidikan mengantarkan Husain kembali menyelesaikan studi S3 dibidang Syariah konsentrasi Hukum Ekonomi Syariah di Universitas Islam Negeri Alauddin pada 2010 lalu.

Selama berkarier pria yang lahir di Kendari, 17 Agustus 1973 sudah menerbitkan ratusan karya tulis buku dan artikel. Diantaranya "Diantaranya Norma Etika Sistem Perbankan Syariah, HISPISI, 2011, Modul Islam dan Integritas "Tirilntegrity Works, Jakarta 2013 dan Perbankan Berbasis Nilai Etika"

Metodologi studi Islam: Multi Pendekatan dan Model, HISPISI, Kendari: Spektrum Syariah dan Hukum Membumi Publishing. Selanjutnya Etika Prosedur Operasional Perbankan Syariah. (B)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga