Makna Peringatan Hari Ibu 22 Desember

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 22 Desember 2022
0 dilihat
Makna Peringatan Hari Ibu 22 Desember
Lomba kreasi tumpeng oleh seluruh kelurahan di Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional pada 2 Desember 2022. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Hari Ibu Nasional diperingati setiap 22 Desember. Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari Ibu Nasional diperingati setiap 22 Desember. Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. 

Pada awalnya peringatan Hari Ibu adalah untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa ini.

22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu setelah Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No 316 Tahun 1959 menetapkan 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga saat ini.

Baca Juga: Lowongan Kerja Kendari: Perusahaan Tambang Ini Buka 7 Posisi, Begini Cara Daftarnya

Dilansir dari ww.mkri.id, Kepala bagian sekretariat tetap AACC dan Kerja Sama Luar Negeri, Sri Handayani mengatakan, Hari Ibu dilandasi oleh tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

"Karena bagi Indonesia, Hari Ibu menjadi tonggak perjuangan, sejarah, dan wujud perjuangan perempuan Indonesia. Untuk itu, mari terus berkarya, perempuan berdaya, Indonesia maju,” ucap Sri Handayan pada Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022 di Halaman Gedung 2 MK, pada Kamis (22/12/2022).

Selain itu, peringatan hari ibu juga dilaksanakan di kota Kendari Sultra juga dilakukan di Kecamatan Kendari Barat bersama Ibu-Ibu PKK dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kendari.

Hari Ibu ini diperingati dengan melakukan lomba kreasi tumpeng diseluruh kelurahan Kendari Barat.

Fitriani Panggalan, Ketua DWP Kelurahan Watuwatu Kendari Barat dengan nada bergetar dan mata berkaca-kaca menjelaskan bagaimana makna Hari Ibu ini untuk seluruh ibu.

Baca Juga: Los Ikan Pasar Baruga Tuai Reaksi Pedagang

"Mudah-mudahan ke depannya seluruh ibu bisa menjadi tauladan untuk keluarganya dan kita bisa mengingat kembali bagaiman perjuangan ibu kita dalam membesarkan dan mendidik kita sampai saat ini," ujar Fitriani.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu juga mengatakan, peringatan Hari Ibu ini dalam rangka memberikan penghormatan dan penghargaan kepada kaum wanita yang telah dan akan menjadi ibu.

"Besarnya pengorbanan seorang ibu tidak bisa dinilai dengan apapun, sehingga kita berikan penghargaan dengan memperingati hari ibu ini," ujar Asmawa. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga