adplus-dvertising

Malam Ini Nuzulul Quran, Baca Doa dan Lakukan Amalan Ini

Haerani Hambali, telisik indonesia
Senin, 18 April 2022
2940 dilihat
Malam Ini Nuzulul Quran, Baca Doa dan Lakukan Amalan Ini
Itikaf dan memperbanyak membaca Al-Qur’an sangat dianjurkan dilakukan di malam Nuzulul Qur’an. Foto: Repro Liputan6.com

" Pada malam 17 Ramadan pertama kalinya Al-Qur’an diturunkan. Ada pahala yang siap menanti, jika kita memperbanyak membaca Al-Qur’an di malam ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Bulan Ramadan adalah bulan suci dan agung bagi umat Islam. Banyak peristiwa bersejarah dan keutamaan beribadah pada bulan ini.

Salah satunya adalah peristiwa Nuzulul Qur’an, yaitu malam diturunkannya Al-Qur’an pertama kali kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Pada saat itu ayat Al-Qur’an yang diturunkan adalah surat al-'Alaq ayat 1-5. 

Dikutip dari NU Online, beberapa amalan yang dianjurkan saat malam Nuzulul Qur’an adalah:


1. Perbanyak membaca Al-Qur’an

Pada malam 17 Ramadan pertama kalinya Al-Qur’an diturunkan. Ada pahala yang siap menanti, jika kita memperbanyak membaca Al-Qur’an di malam ini.

Tak hanya sekadar membaca, kita juga dianjurkan untuk mentadaburi-nya, menggali makna di setiap ayatnya. Sehingga apa yang di dalam Al-Qur’an, bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam meriwayatkan pentingnya membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan, "Dahulu Malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pada setiap malam Ramadan, dan selanjutnya ia membaca Al-Qur’an bersamanya.” (Riwayat Bukhari).

2. Membaca doa Nuzulul Qur’an

"Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur'an, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til quraan.”

Baca Juga: Jangan Lewatkan Malam Nuzulul Quran di Bulan Ramadan, Ini Amalan yang Bisa Dikerjakan

Artinya: "Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur’an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur’an, baguskanlah amalan kami karena berzikir lewat Al-Qur’an, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur’an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Qur’an."

3. Itikaf dan berzikir

Mengutip Idntimes.com, itikaf artinya berdiam diri di masjid sambil besalawat, berzikir, mendirikan salat, membaca Al-Qur’an, atau berdoa kepada Allah.

Iktikaf dilakukan semata-mata untuk beribadah kepada Allah. Selain itu, juga menjadi sarana mawas diri atas segala perbuatan-perbuatan di masa lalu sekaligus mengharapkan rida dari Allah.

Baca Juga: Sejarah Nuzulul Quran yang Penuh Keistimewaan

Berzikir adalah satu amalan mudah dan ringan, tetapi berat pahalanya di sisi Allah. Selain mendapatkan pahala, berzikir juga upaya untuk mendekatkan diri kepada Sang Khalik.

Lewat zikir, juga bisa menjadi kesempatan untuk introspeksi diri. Amalan tersebut juga akan mengingatkan betapa lemahnya manusia, sehingga perlu mengingat dan meminta pertolongan kepada Allah.

4. Memperbanyak salat malam

Hal itu sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, "Puasa yang paling utama setelah Ramadan adalah puasa pada bulan Muharam. Sebaik-baik salat setelah salat wajib adalah salat malam." (Riwayat Muslim). (C)

Reporter: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga