Masa Tenang Pemilu, Bawaslu Optimalkan Tidak Ada Propaganda di Buton Selatan

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Sabtu, 10 Februari 2024
0 dilihat
Masa Tenang Pemilu, Bawaslu Optimalkan Tidak Ada Propaganda di Buton Selatan
PJ Bupati Buton Selatan La Ode Budiman (berdiri sebelah kiri) dan Ketua Bawaslu Buton Selatan, Baharudin La Puka (berdiri paling ujung kiri), beserta jajaran saat menghadiri Apel Siaga jelang masa tenang Pemilu 2024. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Tersisa H-4 jelang pemilihan umum (Pemilu) serentak di Indonesia, segala macam kebutuhan Pemilu rampung dikerjakan seluruhnya "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Tersisa H-4 jelang pemilihan umum (Pemilu) serentak di Indonesia, segala macam kebutuhan Pemilu rampung dikerjakan seluruhnya.

Hanya saja pencegahan pelanggaran Pemilu tetap dimaksimalkan hingga menuju masa tenang di Kabupaten Buton Selatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Buton Selatan, Baharudin La Puka memastikan dalam seluruh rangkaian Pemilu di Kabupaten Buton Selatan berjalan tanpa adanya propaganda, isu sara, money politik, dan berita hoaks.

Baharudin turut menyampaikan bahwa isu krusial seperti isu sara, money politik, dan berita hoaks, berpotensi terjadi pada masa tenang menuju Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Baca Juga: Tokoh Adat di Buton Selatan Harus Netral Saat Pemilu 2024, Ini Alasannya

Namun selama masa kampanye berlangsung, pihaknya belum menemukan kasus-kasus yang serupa terjadi di lapangan.

Dimana hampir semua hal-hal yang dilarang dalam praktik Pemilu tidak ditemukan unsur yang tidak netral, semua berjalan dengan bersih.

"Peserta Pemilu melakukan tahapan kampanye sesuai dengan ketentuan," kata Baharudin La Puka saat Apel Siaga jelang masa tenang di lapangan Lakarada, Batauga, Sabtu (10/2/2024).

Untuk memastikan tidak terjadi propaganda di masa tenang selama tiga hari kedepan, Baharudin mengimbau agar para tokoh adat maupun agama tetap netral dalam penyelenggaraan Pemilu, yang mana tidak ada keberpihakan yang melibatkan banyak orang.

"Apalagi mengatas namakan identitas tertentu ataupun mengatas namakan adat-adat tertentu," ujarnya.

Ia juga menyampaikan kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu tetap membangun kekompakan, saling berkoordinasi dengan pihak Bawaslu Buton Selatan selama menjalankan tugasnya.

Ia menambahkan, teruntuk para peserta Pemilu agar melaksanakan masa terakhir, di masa tenang tidak melakukan praktik kecurangan serta tidak membuat isu yang memprokatif dan tidak menahan kelompok tertentu untuk kepentingannya.

Baca Juga: Pria Lansia Cabuli Anak 11 Tahun di Buton Selatan

Kemudian Baharudin menaruh harapan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin.

"Untuk masyarakat, gunakan hak pilihnya sebaik mungkin agar Pemilu 2024 di Buton Selatan berjalan aman, lancar, tertib, dan damai," imbuhnya.

Sebelumnya, pada apel persiapan patroli pengawasan di masa tenang dan pemungutan serta masa perhitungan suara Pemilu 2024, yang diselenggarakan di lapangan Lakarada, PJ Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman memberikan semangat kepada seluruh jajaran pengawas yang bertugas dalam mengkawal jalannya pemilu.

"Bekerjalah dengan setulus hati, hati-hati, dan jangan sesuka hati, mari ciptakan Pemilu sejuk dan damai untuk kemajuan tanah bumi Gaja Mada Buton Selatan," ucap La Ode Budiman pada pidatonya. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga