Masuk Nominasi, Festival Kaghati Kolope jadi Agenda Nasional Kemenparekraf

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 02 Maret 2022
0 dilihat
Masuk Nominasi, Festival Kaghati Kolope jadi Agenda Nasional Kemenparekraf
Kaghati Kolope. Foto: Ist.

" Festival Kaghati (layang-layang) Kolope Kabupaten Muna, mendapat pengakuan dari Kemenparekraf RI "

MUNA, TELISIK.ID - Festival Kaghati (layang-layang) Kolope, Kabupaten Muna, mendapat pengakuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Berdasarkan kurasi dari tim Kahrisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf tahun 2022 terhadap usulan seluruh kabupaten/kota se-Indonesia, hanya 110  daerah yang lolos usulan festivalnya sebagai agenda nasional.

Tiga daerah di antaranya dari Sultra yakni Festival Kaghati Kolope dari Muna, Festival Tangkeno Bombana dan Wakatobi Wonderful Festival.

"Penilaiannya dua kali. Kita usul dua yakni Festival Kaghati Kolope dan Muna Tenun Carnaval. Yang terpilih Festival Kaghati Kolope," kata Amiruddin Ako, Kadis Pariwisata Muna, Rabu (2/3/2022).

Baca Juga: Ketemu Surya Paloh, Gubernur Khofifah Beber Cara Entaskan Kemiskinan di Jatim

Dengan telah ditetapkannya sebagai agenda nasional, saat ini yang harus dilakukan adalah melaksanakan festival. Karena sudah enam tahun kegiatan itu tidak dilaksanakan.

"Terakhir Festival Kaghati Kolope dilaksanakan tahun 2015. Harapan kita tahun ini bisa dilaksanakan lagi, karena sudah masuk agenda nasional," terangnya.

Baca Juga: Polres Bombana Kerahkan Puluhan Personel Jaga Keamanan Selama Rapat Pembahasan Tapal Batas

Masyarakat Muna sendiri telah lama mengenal Kaghati Kolope. Nah, dengan  lolosnya penilaian dari KEN itu membuktikan eksistensi Kaghati Kolope yang tertua di dunia.

"Hasil penelitian, Kaghati Kolope tertua di dunia mengalahkan China yang usianya 1.200 tahun," tandasnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga