Masyarakat Manggarai Barat Diminta Waspada Sejumlah Penyakit

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 20 September 2022
0 dilihat
Masyarakat Manggarai Barat Diminta Waspada Sejumlah Penyakit
RSUD Komodo Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur tempat pasien DBD dirawat. Foto: Ist.

" Masyarakat Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur, diminta selalu waspada terhadap sejumlah penyakit yang hampir setiap tahun rutin ada di wilayah itu "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Masyarakat Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur, diminta selalu waspada terhadap sejumlah penyakit yang hampir setiap tahun rutin ada di wilayah itu.

Penyakit-penyakit dimaksud antara lain Demam Berdarah Dengue (DBD), batuk, panas dan pilek.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Manggarai Barat, Paulus Mami mengatakan, pihaknya selalu siap siaga terkait ketersediaan obat-obatan, tenaga medis, fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit serta lain-lain.

Menurut dia, DBD, batuk, pilek dan panas muncul hampir tiap tahun pada periode sekitar Juni-Oktober. Di antaranya terjadi karena cuaca ekstrim. Cuaca demikian antara lain panas menyengat yang rentan terhadap anak-anak.

"Diminta kepada masyarakat Manggarai Barat agar selalu waspada terhadap ulang tahun sejumlah penyakit di atas tadi," ungkap Kadis Mami.

Baca Juga: Sejuta Polybag untuk Tekan Inflasi di Muna Barat

Baca Juga: Perda RTRW Konawe Kepulauan Diuji Materiil ke Mahkamah Agung

Sementara itu Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Laiskodat, mengingatkan jajaran agar terus serius menangani masalah penyakit DBD yang terus merenggut nyawa warga di provinsi berbasiskan kepulauan ini.

"Kita tahu bahwa setiap saat berhadapan dengan yang namananya demam berdarah, tetapi kok korban mati terus, bahkan bertambah," katanya.

Karena itu, lanjut dia, perlu berbagai upaya berupa kerja yang besar, gerakan di lapangan, serta kampanye-kampanye yang hebat untuk melatih masyarakat agar terhindar dari serangan DBD. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

Baca Juga