adplus-dvertising

HUT Sultra, Buton Akan Sambut Tapaktilas Oputa Yi Koo

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Selasa, 10 Mei 2022
751 dilihat
HUT Sultra, Buton Akan Sambut Tapaktilas Oputa Yi Koo
Rapat persiapan menyambut para peserta tapaktilas. Foto: Ist.

" Masyarakat Kabupaten Buton diharapkan kooperatif dan berpartisipasi mensukseskan acara ini sebab para peserta berasal dari berbagai wilayah di Indonesia "

BUTON, TELISIK.ID - Lomba tapaktilas Pahlawan Nasional Sulawesi Tenggara Oputa Yi Koo atau Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi, akan menjadi salah satu rangkaian acara memeriahkan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Tenggara ke-58 tahun 2022.

Tapaktilas Oputa Yi Koo yang juga merupakan Sultan Buton  yang ke-20 (1752–1755) dan ke-23 (1760–1763) akan menjadi event sejarah berskala nasional terbesar di Indonesia dan bakal melewati Kota Baubau dan berakhir di Kabupaten Buton.

"Saya berharap pada event itu, masyarakat Kabupaten Buton kooperatif dan berpartisipasi mensukseskan acara tersebut. Sebab para peserta berasal dari berbagai wilayah di Indonesia," tutur Bupati Buton, Drs. La Bakry M.Si, Senin (9/5/2022).


Tapaktilas tersebut adalah  sejarah perjalanan Oputa Yi Koo dengan berjalan dan mendaki di puncak Gunung Siotapina, puncak paling bersejarah dari sebuah perjalanan panjang perjuangan pahlawan nasional Oputa Yi Koo.

La Bakry menambahkan, Buton juga menggelar rapat pembentukan panitia kabupaten itu sekaligus membahas segala persiapan Kabupaten Buton untuk menyambut para peserta tapaktilas yang berjalan kaki dari Kota Baubau menuju puncak Siotapina.

Peserta tapaktilas tersebut dari berbagai wilayah di Indonesia, dan itu juga yang menjadi tanggung jawab kami untuk mensukseskan acara tersebut.

"Kami harus persiapkan segala sesuatunya. Itu besar sekali pengaruhnya informasi tentang Buton dari peserta-peserta dari seluruh Indonesia," katanya.

Baca Juga: Bupati Muna Barat Perintahkan Pejabat Tertibkan Aset Daerah

La Bakry berharap masyarakat Buton memberikan kesan yang baik karena Buton memiliki peradaban yang tinggi.

Bupati Buton menuturkan, pada puncak acara, Gubernur Sultra, H. Ali Mazi akan berada di puncak Siotapina dengan menggunakan helikopter.

Kemudian direncanakan para peserta tapaktilas star dari Kota Baubau nantinya akan bermalam di Lapangan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo.

Baca Juga: Bupati Muna Barat Ancam ASN yang Ketahuan Bolos Kerja

Keesokan harinya melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Lasalimu, di Desa Wasambaa dan Wasuamba.

Di desa itu, para peserta dijadwalkan bermalam, selanjutnya berjalan kaki menuju puncak Siotapina yang jaraknya sejauh kurang lebih 20 km dengan menyusuri hutan belantara.

Untuk perjalanan menuju puncak Siotapina, para peserta tapaktilas telah disiapkan pos-pos peristirahatan. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga