Masyarakat Muna Barat Kini Bisa Berobat Gratis di Seluruh Indonesia hanya dengan KTP

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 30 Mei 2023
0 dilihat
Masyarakat Muna Barat Kini Bisa Berobat Gratis di Seluruh Indonesia hanya dengan KTP
Pj Bupati Muna Barat, Bahri ungkapkan jaminan kesehatan warga Muna Barat gratis di seluruh wilayah Indonesia hanya dengan menunjukkan KTP Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Tak hanya gratis berobat di wilayah Muna Barat, kini pemerintah daerah (pemda) telah menjaminkan masyarakat berobat gratis di seluruh Indonesia "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Tak hanya gratis berobat di wilayah Muna Barat, kini pemerintah daerah (pemda) telah menjaminkan masyarakat berobat gratis di seluruh Indonesia, hanya dengan menunjukkan KTP.

Diketahui, saat ini Kabupaten Muna Barat mendapatkan penghargaan UHC tertinggi dari wakil presiden yakni jaminan kesehatan terbuka 100 persen.

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran kesehatan sebesar Rp 15 miliar per tahun untuk BPJS. Dimana saat ini Muna Barat sebagai kabupaten yang terbuka dalam jaminan kesehatan, sehingga dengan hanya membawa KTP, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dimana saja di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, setelah rapat dengan pihak BPJS, Bahri mengumumkan kepada publik bahwa masyarakat Muna Barat yang sakit di luar daerah, sepanjang rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS, pasti diterima dan gratis.

Baca Juga: Segel Balai Desa Wawesa Berhasil Dibuka

"Jadi gratis di seluruh indonesia, dan bisa menikmati pelayanan kesehatan kelas III, cukup menunjukkan KTP Muna Barat," ungkap Bahri, Selasa (30/5/2023).

Ia menambahkan, Pemda Muna Barat juga telah menganggarkan bagi peserta di luar BPJS atau tidak tercover dalam BPJS , yaitu Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), bayi baru lahir, dan disabilitas, serta korban tindak kriminal dengan anggaran mencapai Rp 1 miliar.

Baca Juga: Ini Menu Makanan Dapur Sehat Atasi Stunting di Muna Barat

"Tahun ini dianggarkan Rp 500 juta telah diberikan ke pihak RSUD, sehingga tidak boleh menolak masyarakat yang tidak mempunyai BPJS," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Muna Barat, LM Husein Tali mengapresiasi langkah yang dilakukan Pj bupati, terutama dalam menjaminkan kesehatan bagi masyarakat yakni dapat berobat gratis di seluruh Indonesia hanya dengan menunjukkan KTP Muna Barat.

"Maka saat ini masyarakat Muna Barat yang berada di luar daerah, akan mendapat pelayanan kesehatan secara gratis hanya dengan menunjukkan KTP Muna Barat," ungkapnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga