adplus-dvertising

Ini Menu Makanan Dapur Sehat Atasi Stunting di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 29 Mei 2023
0 dilihat
Ini Menu Makanan Dapur Sehat Atasi Stunting di Muna Barat
Proses memasak yang dilakukan oleh jajaran pemerintah daerah dan Forkopimda Muna Barat dalam mengolah makanan tinggi akan protein hewani. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Beberapa menu tinggi protein hewani yang ada di dapur sehat atasi stunting (Dahsat) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Beberapa menu tinggi protein hewani yang ada di dapur sehat atasi stunting (Dahsat) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Muna Barat.

Kegiatan Dahsat yang dilaksanakan di lingkup Kantor Bupati Muna Barat, terdapat menu makanan yang disajikan kaya akan protein hewani, dalam demo Dahsat terlihat Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat bersama istri, Sekda Muna Barat bersama istri, Dandim 1416 Muna bersama istri, Polres Muna yang diwakili oleh Kapolsek Sawerigadi bersama istri, Anggota DPRD memasak atau mengolah bahan makanan.

Makanan yang diolah tersebut meliputi bubur singkong kukuruyuk, bola-bola nasi, omelette daun katuk, ikan kembung pesmol.

Baca Juga: Dahsat Langkah Penurunan Angka Stunting di Muna Barat

Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, tujuan Dahsat untuk memperkenalkan makanan kaya protein dan hewani, untuk itu tidak ada lagi pemberian bubur kacang ijo.

"Saya kembali merevisi dan menggeser dana hingga Rp 3,5 miliar untuk intervensi stunting," ungkap Bahri, Senin (29/5/2023).

Selanjutnya, Kepala BPPKB Muna Barat, La Ode Andi Muna mengatakan, dalam mengolah bahan makanan tidak harus mahal, tetapi harus memilih dan memilah bahan-bahan terjangkau dengan kualitas dan kandungan gizi yang bagus.

Dahsat bertujuan untuk menyamakan persepsi yang bertujuan untuk meningkatkan komitmen dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Muna Barat.

"Ini juga sebagai pelatihan dalam mengolah bahan makanan yang bersumber dari bahan lokal, kepada ibu hamil untuk memenuhi asupan gizi secara maksimal kepada bayi," ungkapnya.

Setelah kegiatan tersebut, pihaknya akan terus melanjutkan kegiatan Dahsat, hingga ke tingkat desa terutama di kampung Keluarga Berkualitas (KB).

Baca Juga: Masih Dipercaya Memimpin Muna Barat, BMI Terus Kawal Program Pj Bupati

Ahli gizi Dinas Kesehatan, Zulhija mengatakan, makanan tersebut yang diolah sesuai dengan kebutuhan bayi dan ibu hamil, misalnya bubur singkong kukuruyuk diperuntukkan oleh bayi 6-8 bulan, di mana makanan itu bertekstur halus dan memudahkan bayi dapat mencerna.

"Menu menarik dari Dahsat ini ialah bola-bola nasi yang bisa dijadikan sebagai cemilan, namun tinggi akan protein hewani dan karbohidrat," ungkapnya.

Kemudian tak hanya untuk makanan bayi, di Dahsat juga disediakan makanan bagi para ibu hamil dan menyusui, misalnya ikan kembung pesmol dan omelette daun katuk. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga