Masyarakat Terdampak Kemarau di Kecamatan Mataoleo Dapat Bantuan Pompa Air

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Jumat, 10 November 2023
0 dilihat
Masyarakat Terdampak Kemarau di Kecamatan Mataoleo Dapat Bantuan Pompa Air
Pemerintah daerah bersama masyarakat di Desa Pamontoro foto bersama usai penyerahan bantuan. Foto: Melsandy Wauda/Telisik

" Petani terdampak el nino khususnya di tiga desa yaitu Desa Laloa, Hambawa, dan Pamontoro di Kecamatan Mataoleo, mendapatkan bantuan pompa air dari Pemerintah Kabupaten Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID - Petani terdampak el nino khususnya di tiga desa yaitu Desa Laloa, Hambawa, dan Pamontoro di Kecamatan Mataoleo, mendapatkan bantuan pompa air dari Pemerintah Kabupaten Bombana, Kamis (9/11/2023).

Pj Bupati Bombana, Burhanuddin beserta rombongan, turun langsung menemui masyarakat untuk mendengar keluhan dan memberikan bantuan guna meringankan masalah yang sedang dihadapi masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Mataoleo.

Bukan hanya masalah kemarau, tetapi juga ada beberapa keluhan lainnya seperti pembangunan jalan, pengadaan air bersih dan pendirian tempat ibadah karena tempat ibadah yang ada saat ini kondisinya sudah tidak layak.

Masyarakat juga mengaku kesulitan mendapatkan bahan makanan akibat lahan pertanian mengalami kekeringan. Bahkan ada yang gagal panen, menyebabkan masyarakat kesulitan mendapatkan beras. Mereka terpaksa mengonsumsi ubi hutan sebagai pengganti nasi.

"Warga Kecamatan Mataoleo memang mengandalkan hasil sawahnya untuk konsumsi sehari-hari. Karena saat ini musim kemarau, masyarakat membeli beras di luar yang harganya tidak bisa dijangkau masyarakat," ungkap Sukaji, Camat Mataoleo.

Baca Juga: Musim Kemarau Berkepanjangan, Masyarakat Bombana Salat Istisqa

Para kepala desa sudah menyampaikan dan meminta bantuan kepada dinas terkait dan atas persetujuan Pj bupati, sudah direalisasikan melalui BPBD, telah diberikan bantuan di Desa Hambawa.

Bantuan ini berupa 3 unit mesin pompa air untuk masyarakat khususnya kelompok tani yang terdampak kekeringan.

Baca Juga: Imbas Kemarau Panjang, Ratusan Hektare Sawah di Buton Terbengkalai

Pemerintah pusat melalui pemerintah daerah juga memberikan insentif untuk 2 bulan ke depan dan diharapkan para kades dapat menggunakan bantuan tersebut dengan bijak.

Sementara permintaan masyarakat terkait pengadaan air bersih di 2 dusun di Desa Laloa, Dinas PU meminta agar masyarakat mengajukan proposal dan usulan itu akan dijadikan prioritas.

Tak kalah pentingnya untuk masalah rumah ibadah, Pj bupati memberikan sumbangan pribadi untuk pembangunan masjid, diikuti oleh pimpinan OPD lainnya.(B-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga