Masyarakat Terisolir Pelayanan Kesehatan, 91 Nakes Dikirim ke Pulau Kangean Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 03 November 2022
0 dilihat
Masyarakat Terisolir Pelayanan Kesehatan, 91 Nakes Dikirim ke Pulau Kangean Jawa Timur
pemberangkatan tim nakes Jawa Timur oleh Gubernur Khofifah ke kepulauan Kangean untuk membantu masyarakat yang terisolir untuk pelayanan kesehatan. Foto: Ist.

" Sebanyak 91 tenaga kesehatan (nakes) Jawa Timur dikirim ke pulau Kangean Kabupaten Sumenep Madura "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sebanyak 91 tenaga kesehatan (nakes) Jawa Timur dikirim ke pulau Kangean Kabupaten Sumenep Madura.

Pasalnya, masyarakat kepulauan tersebut saat ini membutuhkan bantuan kesehatan di tengah cuaca ekstrem yang melanda Jawa Timur dalam beberapa hari belakangan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, kehadiran tim Yankes Bergerak menuju pulau Kangean akan memberikan harapan lebih luas bagi terciptanya dukungan pemenuhan layanan kesehatan bagi masyarakat di sana. Terlebih, berbagai penanganan kesehatan yang bisa diberikan cukup beragam termasuk tindakan medis bagi masyarakat.

Baca Juga: Stunting Masih Tinggi, Ibu Hamil di Jawa Timur Digelontor Bantuan

"Dengan tugas yang cukup luas dan tantangan kesehatan beragam. Saya yakin pola penanganan kesehatan bisa teratasi lewat pelayanan optimal kepada masyarakat," ucap Khofifah, Kamis (3/11/2022).

Mantan Mensos ini mengatakan, saat ini terdapat 14 rumah sakit dalam koordinasi Pemprov yang siap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, termasuk wilayah kepulauan.

Salah satu pengoptimalannya dengan terus menerapkan dan menumbuhkembangkan pola-pola kolaboratif dengan format-format semacam itu.

Baca Juga: Vera Simanjuntak Disebut Bukan Pacar Brigadir Yosua, Ini Wanita Cantik yang Sering Diajak ke Hotel

"Jika semua dibangun kolaborasi dan sinergi secara lebih kuat, maka layanan kesehatan kita Insya Allah, lebih luas dan lebih kualitatif," tandasnya.

Sementara Kadinkes Jawa Timur, dr Erwin Astha menguraikan, berdasarkan data hasil koordinasi dengan Dinkes Kabupaten Sumenep, terdapat 428 masyarakat yang  saat ini akan diberikan layanan atau tindakan medis. Di mana, mereka  berasal dari wilayah Puskesmas Arjasa, Puskesmas Kangean dan Puskesmas Sapeken.

“Dengan rincian layanan yaitu kesehatan mata 204 kasus, tindakan bedah 127 kasus, kesehatan THT 39 kasus, kesehatan kandungan 33 kasus hingga kesehatan gigi 23 kasus,” jelasnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga