Menantu Bupati Konawe Tumbang di Pilkada Luwu Timur

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Kamis, 10 Desember 2020
0 dilihat
Menantu Bupati Konawe Tumbang di Pilkada Luwu Timur
Andi Muhammad Rio Patiwiri. Foto: Repro ritmee.co.id

" Kerja keras kita bersama, Allah tunjukkan, berdasarkan hasil real count Alhamdulillah, kita menang. "

LUWU TIMUR, TELISIK.ID - Andi Muhammad Rio Patiwiri adalah Calon Wakil Bupati Luwu Timur yang berpasangan dengan Irwan Bachri Syam sebagai Calon Bupati dengan akronim IBAS-RIO.

Andi Rio merupakan menantu dari Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

Andi Rio sapaannya, adalah suami dari putri Kery Saiful Konggoasa yang juga anggota DPRD Konawe, Devi Thesya Feriska Konggoasa.

Pilkada yang telah berlangsung Rabu kemarin (9/12/2020), Paslon IBAS-RIO dengan nomor urut 2, hanya memperoleh 45.71 persen.

Sedangkan pesaingnya Paslon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur nomor urut 1, Thorig Husler-Budiman meraup suara 54.29 persen.

Itu sesuai hasil quick count Script Survey Indonesia (SSI). SSI juga terdaftar di KPU Luwu Timur sebagai lembaga survei yang menayangkan quick count.

Begitu pun Celebes Research Center (CRC) menunjukan Husler-Budiman unggul dengan meraih 52.39 persen dan IBAS-RIO 47.61 persen. Dimana data yang masuk sebanyak 96.5 persen.

Baca juga: PDIP Berjaya di Pilkada Sultra

Di kediaman Husler, di Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Sulawesi Selatan (Sulsel), ratusan pendukung datang untuk memberikan selamat kepada Paslon nomor 1 ini.

Budiman berterima kasih karena ketulusan saudara, orang tua, kerabat dan seluruhnya segalanya menjadi ringan.

"Kerja keras kita bersama, Allah tunjukkan, berdasarkan hasil real count Alhamdulillah, kita menang," kata Budiman, dilansir dari Tribuntimur.com, Rabu (9/12/2020).

Untuk diketahui, di kancah politik, nama Andi Rio mungkin masih terdengar asing. Ia dianggap sebagai pendatang baru.

Kehadirannya juga sangat mengejutkan warga di daerah berjuluk ‘Bumi Batara Guru’ itu.

Tidak tanggung-tanggung, putra bungsu mantan Bupati Luwu Timur dua periode, Andi Hatta Marakarma ini, hadir sebagai penantang petahana yang berduet dengan Irwan Bahri Syam sebagai pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur 2020.

Suami Devi Thesya Feriska Konggoasa yang lahir di Kota Palopo, 01 Mei 1982, kiprahnya di dunia politik dan kepemudaan tak diragukan lagi.

Baca juga: PDIP Dominasi Kemenangan Pilkada di Jatim

Alumni SD YPS Singkole Sorowako tahun 1994 ini, pernah tercatat sebagai Ketua Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu (BKPP) DPD II Partai Golkar Kabupaten Luwu Timur tahun 2014–2015.

Alumni SMP YPS Singkole Sorowako Tahun 1997 ini juga pernah tercatat sebagai Wakil Ketua Bidang Pemuda DPD II Partai Golkar Kabupaten Luwu Timur dari tahun 2009 hingga 2015.

Bukan hanya itu, Andi Rio yang menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di SMA Negeri 8 Malang pada tahun 2000, juga pernah tercatat sebagai Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD II Partai Golkar Kabupaten Luwu Timur mulai tahun 2012 hingga 2015.

Pada dunia kepemudaan, pria penyuka olahraga otomotif (Offroad) yang menyelesaikan pendidikan sarjananya pada Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) tahun 2007 ini juga piawai.

Pernah dipercaya menjadi Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Luwu Timur tahun 2012 hingga 2017.

Walau pendidikan magisternya selesai pada Jurusan Kenotariatan di Universitas Hasanuddin, adik kandung dr Andi Fauziah Pujiwatie Hatta ini lebih memilih menjadi seorang pengusaha dengan bendera PT Patiwiri.

Menjadi calon wakil bupati di Luwu Timur mendampingi Irwan Bachri Syam tidak terlepas dari komitmennya sebagai putra daerah yang merasa punya kewajiban untuk membangun kampung halaman, tanah leluhurnya, Luwu Timur. (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga