Mengaku Anggota KPK dan BPK, Tiga Oknum LSM Peras Kades

Ones Lawolo, telisik indonesia
Rabu, 03 Maret 2021
0 dilihat
Mengaku Anggota KPK dan BPK, Tiga Oknum LSM Peras Kades
Ketiga pelaku yang menyamar sebagai petugas KPK dan BPK. Foto: Ist.

" Ya, mereka lagi pemeriksaan. "

MEDAN, TELISIK.ID - Tiga oknum LSM Komunitas Pengawas Korupsi (KPK) ditangkap polisi saat melakukan pemerasan kepada para kepala desa di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (2/3/2021).

Penangkapan ketiga oknum LSM KPK itu, bermula dari laporan kepala desa bahwa ada oknum-oknum yang mengatasnamakan dirinya Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Modus oknum LSM tersebut, mereka turun melakukan investigasi ke kantor-kantor pemerintahan di Kabupaten Nias Selatan dan ke kantor-kantor kepala desa dengan menyamar sebagai anggota KPK dan BPK.

Ketiga pelaku memintai surat-surat dan perkembangan pembangunan terlebih dana desa yang telah tersalurkan pada tahun lalu.

Namun, aksi ketiga pelaku gagal ketika dimintai KTP, KTA dan surat tugas yang dikeluarkan oleh institusi Polri, TNI, Kejaksaan, BPK RI dan KPK serta lembaga lainnya.

Baca juga: Geledah Kediaman Nurdin Abdullah, KPK Amankan Sejumlah Dokumen

Karena tidak bisa menunjukkan identitas itu, kepala desa yang menjadi korban melaporkan aksi ketiga pelaku ke Polres Nias Selatan. Hingga ketiga pelaku diamankan tanpa berkutik di tangan petugas.

Kapolres Nias Selatan, AKBP Arke Furman Ambat membenarkan penangkapan ketiga oknum LSM yang mengatasnamakan dirinya petugas KPK dan BPK RI, ketika dikonfimasi Telisik.id, Rabu (3/3/2021).

"Ya, mereka lagi pemeriksaan," kata Kapolres Nias Selatan, AKBP Arke Furman Ambat melalui WhatsApp.

Sayangnya, ketika ditanya identitas pelaku, AKBP Arke Furman Ambat tidak mau memberitahukan karena sedang dalam pemeriksaan.

"Nanti kami buat pers release, yang jelas pelaku ada 3 orang," pungkasnya. (B)

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga