adplus-dvertising

Mengenal Pribadi Introvert yang Cenderung Pemalu dan Pendiam

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Minggu, 17 Mei 2020
4658 dilihat
Mengenal Pribadi Introvert yang Cenderung Pemalu dan Pendiam
Mengenal Pribadi Introvert yang Cenderung Pemalu dan Pendiam. Foto: Akurat.co

" Istilah kepribadian introvert, pertama kali diperkenalkan oleh psikolog Carl Jung pada tahun 1960-an. Jung menyebutkan, secara garis besar, kepribadian manusia bisa dibagi menjadi dua, yaitu introvert dan extrovert. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepribadian introversion atau introvert adalah satu dari tiga macam tipe kepribadian. Ada juga kepribadian ambivert dan ekstrovert.

Istilah kepribadian introvert, pertama kali diperkenalkan oleh psikolog Carl Jung pada tahun 1960-an. Jung menyebutkan, secara garis besar, kepribadian manusia bisa dibagi menjadi dua, yaitu introvert dan extrovert.

Orang yang memiliki kepribadian introvert selama ini digambarkan selalu lebih pemalu dan pendiam, jika dibandingkan dengan orang berkepribadian extrovert. Padahal, hal tersebut belum tentu tepat.


Kepribadian introvert secara umum terlihat lebih senang menyendiri. Tidak seperti ekstrovert yang senang dan mendapatkan energi dari interaksi sosial, seorang introvert justru merasa harus mengeluarkan banyak energi saat harus bersosialisasi.

Jika mengunjungi suatu pesta di mana terdapat banyak orang, biasanya setelah itu mereka cenderung perlu menyendiri dan memiliki “me time” untuk me-recharge alias memulihkan kembali tenaga mereka.

Baca juga: Dewan Sorot Kinerja Pemda Busel Soal Bantuan COVID-19

Meskipun sering disalahartikan sebagai pendiam, pemalu, dan penyendiri, sebenarnya seorang introversi bukan jenis orang yang selalu menutup diri dari dunia luar.

Beberapa ciri umum dari introvert adalah:

  1. Introvert adalah kepribadian yang cenderung menyimpan perasaan sendiri. Terlihat pendiam atau menarik diri ketika berada di tengah-tengah sekumpulan orang yang tidak mereka kenal baik.
  2. Sangat sadar diri dan memikirkan segala sesuatu sebelum bertindak.
  3. Merupakan pengamat yang baik dan cenderung mempelajari situasi sekitarnya melalui pengamatan terlebih dahulu.
  4. Lebih mudah bersosialisasi jika bersama dengan orang yang sudah mereka kenal baik.
  5. Jika Anda termasuk dalam kategori kepribadian ini, maka besar kemungkinannya Anda akan sering menyadari atau lebih suka berdiam diri ketika berada di tengah banyak orang, terlebih lagi jika orang-orang di sekeliling Anda adalah orang yang belum dikenal.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Baca Juga