Meningkat, Ini Daftar Sekolah Sulawesi Tenggara Lulus Tahap Dua Program Sekolah Penggerak

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 01 Juni 2022
0 dilihat
Meningkat, Ini Daftar Sekolah Sulawesi Tenggara Lulus Tahap Dua Program Sekolah Penggerak
Sejumlah guru saat sedang mengikuti sosialisasi program sekolah penggerak. Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

" Program sekolah penggerak sendiri merupakan upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah sebelumnya di tahap pertama, hanya 9 sekolah yang lulus, pada program sekolah penggerak. Kini di tahap kedua, sebanyak 14 sekolah yang tersebar di 6 Kabupaten di Sulawesi Tenggara yang dinyatakan lulus program sekolah penggerak.

Program sekolah penggerak sendiri merupakan upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia, dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.

Serta berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul mulai dari kepala sekolah dan guru.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sulawesi Tenggara Syaiful mengatakan, untuk tahap kedua ini, para kepala sekolah yang dinyatakan lulus. Mulai dari pertengahan mei kemarin, telah menjalani tahapan pendidikan atau masa orientasi.

"Pendidikan atau biasa disebut dengan lokakarya orientasi. Akan berlangsung selama enam bulan lamanya. Yang pastinya, mereka akan mendapatkan berbagai pembelajaran dan pengetahuan seputar pengembangan kompetensi dan juga peningkatan skill. Untuk bisa memajukan sistem pendidikan yang lebih baik lagi," katanya, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga: Beri Kontribusi Lebih Dunia Pendidikan, UHO dan BPW KKSS Sulawesi Tenggara Teken MoU

Sementara itu, operator program sekolah penggerak Sulawesi Tenggara, Limus Tasman mengungkapkan, bahwasanya untuk kepala sekolah yang lulus di tahap kedua itu ada sekitar 20 sekolah.

"Hanya saja kouta yang diberikan oleh pusat untuk Sulawesi Tenggara, di tahap kedua ini hanya sekitar 14 sekolah saja. Sehingga 20 sekolah yang lulus itu, harus dirangking untuk mendapatkan jatah kuota yang telah ditetapkan," jelasnya.

Namun, sekolah yang tidak mendapatkan tempat di tahap kedua. Untuk di tahap ketiga kedepan, sekolah-sekolah tersebut tidak usah lagi mengikuti tes, karena sudah dinyatakan lulus. Hanya saja, mereka akan kembali bersaing lagi dengan yang lulus di tahap ketiga, melalui perangkingan nilai tertinggi.

Salah satu kepala sekolah, yang lulus tahap kedua sekolah penggerak, Hasan Kepala SMAN 4 Bau-Bau mengaku sangat senang dan bangga bisa lulus di program sekolah penggerak ini.

"Yah ini sebuah pencapaian yang sangat baik buat saya sendiri. Di mana akan mendapatkan pembinaan dan pelatihan yang baik, agar mampu memajukan pendidikan yang lebih berkualitas, berkompeten, dan bermutu, demi Indonesia maju dan unggul," ujarnya

Baca Juga: UHO Kendari Bagi Tips ke Mahasiswa Dalam Berwirausaha

Berikut sekolah yang lulus tahap kedua program sekolah penggerak :

1. SMAN 1 Bombana

2. SMAN 3 Bombana

3. SMAN 11 Bombana

4. SMAN 14 Bombana

5. SLB Negeri Bombana

6. SMAN 1 Wolowa Buton

7. SMAN 2 Lasalimu Selatan Kabupaten Buton

8. SMAN 1 Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah

9. SMAN 1 Mowewe Kabupaten Kolaka Timur

10. SMAN 1 Longhia Kabupaten Muna

11. SMAN 1 Watopute Kabupaten Muna

12. SMAN 1 Parigi Kabupaten Muna

13. SLDB Anugrah Hati Kabupaten Muna

14. SMAN 4 Kota Bau-Bau. (A)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga