UHO Kendari Bagi Tips ke Mahasiswa Dalam Berwirausaha

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 31 Mei 2022
0 dilihat
UHO Kendari Bagi Tips ke Mahasiswa Dalam Berwirausaha
160 peserta mengikuti pelatihan kewirausahaan, program mahasiswa wirausaha Universitas Halu Oleo Kendari untuk tahun 2022. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Ada banyak anggaran untuk meningkatkan pengembangan mahasiswa salah-satunya tersalurkan dalam kegiatan pelatihan "

KENDARI, TELISIK.ID - Ada dua poin penting yang harus dimiliki setiap orang dalam berwirausaha, yakni publik speaking untuk meyakinkan konsumen dan memiliki jaringan pertemanan yang luas.

Hal itu diungkapkan, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu, dalam hal ini diwakili Wakil Rektor III Bidang Mahasiswa dan Alumni UHO, Dr Nur Arafah, saat menghadiri pelatihan kewirausahaan, program mahasiswa wirausaha UHO, Selasa (31/5/2022).

Ia mengatakan, kewirausahaan tersebut merupakan program prioritas lingkup kemahasiswaan yang secara teknis dilakukan, dalam rangka meningkatkan karir mahasiswa UHO Kendari.

Serta bertujuan untuk membekali para mahasiswa, agar setelah menjadi alumni, mereka bukan hanya siap kerja, tetapi juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya dan orang lain.

"Ada banyak anggaran untuk meningkatkan pengembangan mahasiswa salah-satunya tersalurkan dalam kegiatan pelatihan ini," ungkapnya.

Tempat sama, Kepala UPT PK2M UHO Kendari, Dr Sarinah mengatakan, konten dalam pelatihan tersebut, selain memberikan motivasi, juga diberikan pengetahuan mengenai bagaimana nantinya melakukan analisis ekonomi.

Pihaknya juga akan membekali mahasiswa, bagaimana tahapan-tahapam mengurus izin-izin usaha agar menjadi legal.

Baca Juga: Beri Kontribusi Lebih Dunia Pendidikan, UHO dan BPW KKSS Sulawesi Tenggara Teken MoU

"Ini untuk pelatihan atau pemberian materi yang di dalam ruangan," ucapnya.

Sementara itu, untuk di lapangan atau outdoor yang bertempat di Bintang Samudera, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara pada 2 Juni 2022 mendatang, para peserta akan dilatih bagaimana untuk menjalin kerja sama.

"Serta bagaimana menjadi pemimpin, yang akan diberikan dalam bentuk permainan," katanya.

Sementara itu, Ketua panitia sekaligus Ketua Pokja Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa UHO Kendari, Amin Tunda mengungkapkan, total peserta pelatihan kewirausahaan sebanyak 160 mahasiswa dari 15 fakultas UHO Kendari.

Di mana sebelumnya telah melalui beberapa seleksi, ada pun jumlah keseluruhan pendaftaran adalah 486 mahasiswa, lalu yang lulus berkas 453, kemudian yang lulus tes tertulis sebanyak 250.

"Tapi yang lulus tes wawancara hanya 160 peserta, dan itulah yang mengikuti pelatihan hari ini," ungkapnya.

Baca Juga: Pendaftaran Peserta Didik Baru Bakal Dibuka, Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi

Adapun keuntungan mengikuti program kewirausahaan itu adalah, para peserta akan dibiayai sebanyak Rp 7.500.000 per orang untuk menjalankan usaha yang sudah berjalan, maupun usaha yang masih berupa ide.

Sehingga bisa berharap, setelah pelatihan para peserta bisa memiliki pengetahuan, demi mengembangkan atau berinovasi untuk bisnisnya ke depan.

Lanjut ia berpesan untuk peserta, jika ke depannya menemukan kendala ia meminta agar mahasiswa tidak takut.

"Karena mereka nanti ini akan selalu didampingi oleh tenaga-tenaga profesional yang sudah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi," ungkapnya. (A-Adv)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga