Meriahnya Pesta Rakyat Simpedes di Kota Kendari

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 14 September 2023
0 dilihat
Meriahnya Pesta Rakyat Simpedes di Kota Kendari
Kemeriahan malam pesta rakyat Simpedes oleh PT Bank BRI mengundang artis ibu kota dan lokal. Foto: Ist.

" Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia perlu mendapat dukungan dan pendampingan agar semakin berkembang dan berdaya saing "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia perlu mendapat dukungan dan pendampingan agar semakin berkembang dan berdaya saing.

Pendampingan dan dukungan bisa dilakukan dengan membekali para pelaku UMKM melalui literasi teknologi digital dan keuangan, agar mereka dapat bertahan dan berkembang, terutama di era digital seperti sekarang ini.

Demi mewujudkan hal itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyelenggarakan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2023 di berbagai kota di tanah air. Salah satunya di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada 1-5 Agustus 2023.

Baca Juga: September Berdarah, Mahasiswa Teknik UHO Peringati Kematian Randi-Yusuf

Acara yang mengusung tema "Pede Raih Peluang" itu mendapatkan sambutan positif dari para pengunjung dan pelaku UMKM yang aktif berpartisipasi dalam acara ini. Terbukti dari catatan resmi, PRS BRI 2023 yang diselenggarakan di Kota Kendari berhasil menarik kehadiran 6.253 pengunjung dan melibatkan partisipasi aktif dari 50 pelaku UMKM.

Kegiatan grebeg pasar sebagai rangkaian kegiatan awal PRS 2023 di Kota Kendari. Foto: Ist.

 

Selain itu, capaian transaksi sebanyak 1.638 transaksi dengan sales volume mencapai Rp 40.956.000 juga menjadi bukti kesuksesan PRS BRI di Kota Kendari. Keberhasilan itu tentunya merupakan hasil kolaborasi positif antara berbagai pihak yang secara aktif mendukung acara ini.

Diawali dengan grebeg pasar

Rangkaian kegiatan PRS 2023 di Kota Kendari diawali dengan grebeg pasar. Kegiatan ini menyasar lima pasar yakni, pasar Mandonga, Paddys Mandonga, pasar Sentral Kota, pasar Baruga, pasar Anduonohu dan pasar panjang Bonggoeya.

Grebeg pasar merupakan bentuk dukungan BRI demi mendorong penggunaan uang digital dan menggunakan pembayaran secara chasless. Guna melancarkan program tersebut, mantri BRI (sebutan untuk pegawai BRI yang bertugas di lapangan) pun diterjunkan ke tujuh pasar tersebut.

Pada kegiatan Grebeg Pasar tersebut, mantri BRI menawarkan beragam produk yang bisa dipilih oleh para pedagang. Salah satunya adalah pelayanan pembuatan QRIS (Quick Respons Indonesian Standard).

Berbagai penampilan menarik disuguhkan dalam panggung PRS 2023. Foto: Ist.

 

QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia (BI) agar proses transaksi bisa lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

Melalui layanan pembuatan QRIS yang dilakukan oleh mantri BRI ini, pedagang di pasar tak perlu repot-repot untuk datang ke kantor BRI. Mereka hanya dilakukan pendataan.

Kemudian nantinya mantri BRI sendiri yang mengantarkan QRIS milik pedagang langsung ke toko-toko mereka. Menariknya, layanan pembuatan QRIS ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Tidak hanya melayani pembuatan QRIS, mantri BRI yang terjun di Grebeg Pasar juga menawarkan layanan pembukaan rekening baru hingga layanan aktivasi mobile banking milik BRI yaitu BRImo.

Berikutnya, dalam mendukung pengembangan bisnis pelaku UMKM, BRI melaksanakan kelas talkshow interaktif yang membahas tentang bagaimana tips membangun karakter dan mental wirausaha agar sukses dalam berbisnis.

Dalam talkshow ini, BRI menghadirkan Sahir, pengusaha muda asal Kendari yang sukses di bidang properti dan skincare.

Hadirkan artis ibu kota dan lokal 

Grebeg pasar hanya satu dari beragam rangkaian kegiatan menarik yang digelar BRI dalam acara pesta rakyat Simpedes 2023 di Kota Kendari. Puncaknya, berlangsung pada Sabtu, 5 Agustus 2023 di lapangan Eks MTQ Kendari.

Baca Juga: Kabel Listrik di Lorong Jambu Kota Kendari Terbakar, Warga Panik

Kegiatan yang digelar mulai pukul 07.00-22.00 Wita itu menghadirkan beragam event. Mulai dari pawai seni budaya, bazaar, flash sale, zumba, tebus sembako, donor darah, art installation, mini games berhadiah, dan tentunya panggung hiburan yang diramaikan oleh penyanyi ternama tanah air hingga penyanyi lokal.

PRS Kendari 2023 menyajikan penampilan istimewa dari Fourtwnty, komika Ovil Putra dan penyanyi lokal Saily Music serta BJRB.

Tak hanya itu, PRS Kendari 2023 juga memberikan apresiasi dengan pembagian hadiah istimewa kepada para pelaku UMKM terpilih dalam program Panen Hadiah Simpedes. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga