Misteri Segitiga Bermuda yang Belum Terpecahkan hingga Kini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 24 Desember 2023
0 dilihat
Misteri Segitiga Bermuda yang Belum Terpecahkan hingga Kini
Daerah Segitiga Bermuda ini memiliki bentuk segitiga samar-samar yang ditandai dari titik wilayah pantai Atlantik menjulur Florida di Amerika Serikat (AS), Bermuda, dan Kepulauan Antillen Besar. Foto: Idntimes.com

" Siapa yang tak kenal dengan segitiga bermuda, misteri pulau yang satu ini selalu menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Banyak kejadian di luar nalar sering terjadi di sini. Baik hilangnya pesawat maupun kapal yang melewatinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapa yang tak kenal dengan segitiga bermuda, misteri pulau yang satu ini selalu menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Banyak kejadian di luar nalar sering terjadi di sini. Baik hilangnya pesawat maupun kapal yang melewatinya.

Daerah Segitiga Bermuda ini memiliki bentuk segitiga samar-samar yang ditandai dari titik wilayah pantai Atlantik menjulur Florida di Amerika Serikat (AS), Bermuda dan Kepulauan Antillen Besar. Misteri Segitiga Bermuda sudah ada sejak lama.

Satu peristiwa yang banyak diingat adalah hilangnya lima pesawat milik Angkatan Laut AS, dikenal dengan Flight 19, dalam misi latihan. Kemudian pada 1964, nama Segitiga Bermuda pertama kali disebut di majalah Argosy oleh Vincent H Gaddis. Dalam tulisannya, Gaddis menyebut kasus-kasus hilangnya pesawat terbang dan kapal laut sejak tahun 1963 seperti dikutip dari Inews.id.

Baca Juga: Viral, Surat Suara Pemilu 2024 Sudah Tersebar di Taiwan

Belum lama ini, sebuah agen perjalanan bernama Ancient Mystery Cruise menawarkan sebuah tur Segitiga Bermuda. Tur ini viral di berbagai platform media sosial, karena agen tersebut menjamin kompensasi uang kembali 100 persen jika kapalnya menghilang.

Namun tahukah kamu, Segitiga Bermuda sendiri masih menyimpan misterinya hingga kini seperti dikutip dari Idntimes.com, di antaranya:

1. Tidak ada batas wilayah yang jelas di Segitiga Bermuda. Intinya, lokasinya ada di antara Bermuda, Puerto Riko, dan Florida, Amerika Serikat.

2. Luasnya tidak diketahui dan tak tercantum di peta dunia. Segitiga Bermuda juga dikenal sebagai Segitiga Setan. Terdapat bentuk awan yang aneh di atas Segitiga Bermuda.

3. Jumlah pasti kapal dan pesawat yang hilang di Segitiga Bermuda tidak diketahui, perkiraan paling umum adalah sekitar 50 kapal dan 20 pesawat terbang.

Baca Juga: Pelet Ampuh Ditemukan di Israel Abad ke-7 Sebelum Masehi, Kutuk Kekasih yang Selingkuh

4. Misteri Segitiga Bermuda berawal sejak tahun 1492 saat Christopher Columbus berlayar di sana. Katanya, jarum kompas miliknya berubah-ubah.

5. Titik terdalam di Samudra Atlantik berada di perairan Segitiga Bermuda, yakni Milauke Depth dengan kedalaman 8.380 meter. Banyak ilmuwan beranggapan bahwa Segitiga Bermuda menyimpan gas metana yang besar. Hal ini mengganggu kapal yang melintas di sekitarnya.

6. Hingga kini, tidak ada penjelasan logis terkait misteri hilangnya kapal dan pesawat tersebut. Tak heran banyak teori-teori yang bermunculan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga