Mistik: Gelang Akar Bahar yang Konon Bisa Tangkal Santet

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 29 Juni 2023
0 dilihat
Mistik: Gelang Akar Bahar yang Konon Bisa Tangkal Santet
Gelang dari akar bahar dipercaya, memiliki kemampuan untuk menangkal santet atau ilmu hitam yang dapat membahayakan seseorang. Foto: @ Instagram amenk.gallery

" Aksesoris dari akar bahar dalam bentuk gelang maupun cincin bukanlah hal baru bagi masyarakat Sulawesi Tenggara, terutama di daerah yang berdekatan langsung dengan pantai atau laut lepas. Gelang dari akar bahar dipercaya memiliki kemampuan untuk menangkal santet atau ilmu hitam yang dapat membahayakan seseorang "

KENDARI, TELISIK.ID - Aksesoris dari akar bahar dalam bentuk gelang maupun cincin bukanlah hal baru bagi masyarakat Sulawesi Tenggara, terutama di daerah yang berdekatan langsung dengan pantai atau laut lepas. Gelang dari akar bahar dipercaya memiliki kemampuan untuk menangkal santet atau ilmu hitam yang dapat membahayakan seseorang.

Di Kabupaten Wakatobi, tepatnya di Kecamatan Kaledupa, fenomena ini semakin meraih popularitas. Derdi, seorang penduduk setempat mengungkapkan, gelang dari akar bahar mampu melindungi seseorang dari serangan santet atau ilmu hitam.

"Dengan hanya memakai gelang yang terbuat dari akar bahar, kita dapat selamat atau terhindar dari segala racun dan ilmu-ilmu jahat yang mungkin mengenai kita," ungkapnya, Kamis (29/6/2023).

Baca Juga: Mistik: Kepiting Masuk Kios Pertanda Ada Tuyul di Sekitar Kita

Meskipun Derdi sendiri tidak pernah menyaksikan secara langsung efek gelang tersebut, banyak warga lainnya yang menceritakan pengalaman serupa tentang keampuhannya dalam menangkal ilmu hitam dan racun.

Tidak hanya di Kecamatan Kaledupa, di Kabupaten Muna Barat, khususnya di Kecamatan Maginti, masyarakat juga tertarik dengan akar bahar yang dianggap memiliki kekuatan magis. Namun, untuk mendapatkan akar bahar tersebut, mereka harus melakukan penyelaman ke dasar laut dengan kedalaman mulai dari 8-12 meter.

Laode Muhammad Tahir, seorang nelayan lokal, mengungkapkan, "Di wilayah ini, kami sering melakukan penyelaman sampai ke dasar laut, untuk mendapatkan akar bahar," katanya.

Ferdin, seorang penggemar aksesoris, juga menggunakan gelang akar bahar ini, meskipun hanya sebagai hiasan. Dia menyadari, gelang tersebut memiliki khasiat luar biasa dalam menangkal guna-guna atau ilmu hitam.

Baca Juga: Mistik: Bau Bunga Kamboja Hantui Sopir Grap, Antar Penumpang Cantik Ternyata Mahluk Ghaib

"Saya sangat tertarik dengan mistik dan energi positif yang dikaitkan dengan akar bahar ini," ucapnya.

Meski ia tidak memiliki pengalaman langsung dalam menggunakan gelang itu untuk melindungi diri, kepercayaan masyarakat sekitar telah meyakinkan tentang efektivitasnya.

Tentu saja, keampuhan gelang akar bahar ini masih menjadi perdebatan di kalangan ilmuan dan skeptis. Tak dapat dipungkiri, kepercayaan itu telah mengakar dalam budaya dan tradisi masyarakat. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga