Mitos PAN Terbantahkan di Kongres Ke V

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Rabu, 12 Februari 2020
0 dilihat
Mitos PAN Terbantahkan di Kongres Ke V
Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN 2020-2025. Foto : Muhammad Israjab/Telisik

" Dengan hasil yang diumumkan, maka Zulkifli Hasan ditetapkan menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025. "

KENDARI, TELISIK.ID - Partai Amanat Nasional (PAN) telah menyelesaikan tahapan pemilihan ketua umum. Ini juga membuat anggapan bahwa ada mitos setiap pilihan Ketua umum.

Dimana setiap pemilihan pasti melahirkan ketua umum baru. Namun  Zulhas akhirnya mematahkan sekaligus membuat argumen tersebut sirna, ia kembali menjabat ketua umum untuk periode keduanya.

Dalam Kongres Ke V PAN di Kota Kendari, Zulhas mendapat 331 dari 562 suara sah dalam pemilihan ketua umum di Kongres V PAN, Selasa (11/2/2020).

Baca Juga : Dana Desa Muna Bertambah Rp 2 Miliar, Regulasi Pencairan Berubah

Dia menjadi kader PAN pertama, yang sukses menduduki kursi tertinggi parpol berlambang Matahari putih itu selama dua periode secara berturut-turut. 

“Dengan hasil yang diumumkan, maka Zulkifli Hasan ditetapkan menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025,” ujar Anggota Steering Committe, Totok Daryanto.

Dalam mekanisme voting tersebut, Zulkifli Hasan mendapatkan suara 331. Sementara Mulfachri Harahab mendapatkan 225 suara. Kemudian kontestan Drajad Wibowo mendapatkan enam suara. Suara tidak sah berjumlah tiga suara. Total suara dalam hajatan akbar ini berjumlah 565 suara.

Baca Juga : 123 Kepala Desa di Konawe Dilantik

Banyak yang berpendapat, seperti di media sosial instagram dan twitter bahwa terpilihnya Zulhas untuk kali kedua, sekaligus patahkan mitos bahwa Ketua Umum PAN hanya bisa satu periode saja.

Sebelumnya, voting selesai sekitar pukul 18.10 Wita dan penghitungan dimulai pada pukul 18.18 Wita sampai dengan 19.45 Wita.

Mulfachri sendiri tidak nampak saat pemenang diumumkan. Sama halnya dengan Amien Rais yang tak kunjung terlihat hingga pemenang diumumkan.

Saat diwawancara setelah pengumuman, Zulhas mengatakan, terpilihnya kembali merupakan kemenangan seluruh kader dari PAN. 

Baca Juga : Juara Nasional Hapalan Alquran Meriahkan MTQ ke 45 Kolaka

"PAN itu sederhana, begitu setelah kongres kita guyub lagi. Sudah bisa peluk-pelukan, istilahnya kalo belum pecah bisul yaah itu masih panjang urusannya," ucap Zulhas, Selasa (11/2/2020).

Reporter : Muhammad Israjab
Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga