Motif Ferdy Sambo Bunuh Brigadir J, Sensitif Hanya Boleh Didengar Orang Dewasa

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 11 Agustus 2022
0 dilihat
Motif Ferdy Sambo Bunuh Brigadir J, Sensitif Hanya Boleh Didengar Orang Dewasa
Motif pembunuhan yang dilakukan Ferdy Sambo diungkapkan Menteri Koordinator Politik dan HAM, Mahfud MD. Foto: Repro Poskota

" Sejauh ini ada tiga spekulasi yang berkembang di tengah masyarakat terkait motif di balik insiden pembunuhan Brigadir J. Salah satunya adalah terkait isu perselingkuhan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Motif Irjen Ferdy Sambo dalam kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J masih menjadi misteri. Kabareskrim Komjen Agus Andrianto menyebut, pihaknya tak bisa mengumumkan motif Sambo.

"Untuk menjaga perasaan semua pihak, biarlah (motif pembunuhan berencana Brigadir J) jadi konsumsi penyidik," ujar Komjen Agus, dilansir dari Detik.com.

"Nanti mudah-mudahan (motif) terbuka saat persidangan," tuturnya.

Komjen Agus kemudian menyampaikan update terkini seputar kasus Brigadir J. Ia menyebut tersangka di kasus penembakan Brigadir J sudah lengkap.

"Kalau untuk kasus penembakan (tersangka) sudah lengkap," kata Agus.

Namun, untuk tersangka di kasus-kasus turunannya, masih dalam penyelidikan. "Kasus turunannya kita tunggu Itsus sedang mendalami peran mereka," sambungnya.

Baca Juga: Ternyata Segini Gaji dan Tunjangan Jenderal Bintang Dua Ferdy Sambo

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut motif pelaku tindak pidana atas kasus Brigadir J bersifat sensitif, sehingga hanya boleh didengar orang dewasa. 

"Soal motif biar nanti dikonstruksi hukumnya, karena itu sensitif, mungkin hanya boleh didengar oleh orang-orang dewasa, yang nanti dikonstruksi oleh polisi, apa sih motifnya, kan sudah banyak di tengah masyarakat," kata Mahfud MD dalam konferensi pers di Kemenko Polhukam, dilansir dari Tribunnews.com.

Menurut Mahfud, sejauh ini ada tiga spekulasi yang berkembang di tengah masyarakat terkait motif di balik insiden tersebut. Salah satunya adalah terkait isu perselingkuhan.

Oleh karena itu, penjelasan soal itu hanya berhak disampaikan langsung oleh tim penyidik dari kepolisian.

Spekulasi pertama, terang Mahfud, insiden tersebut dipicu oleh pelecehan seksual. Kedua, cinta atau perselingkuhan empat segi. Ketiga, perkosaan hingga yang menyebabkan Brigadir J ditembak di tempat.

Baca Juga: UAS Soroti Peristiwa KM 50 Pasca Irjen Ferdy Sambo Jadi Tersangka

"Pertama katanya pelecehan. Apa sih, apakah membuka baju atau apa. Kan untuk orang dewasa. Kedua, katanya, perselingkuhan empat segi. Loh siapa yang bercinta dengan siapa. Lalu, ketiga, ada yang terakhir yang mungkin karena perkosa, lalu ditembak," katanya.

Semua spekulasi itu menurutnya terlalu sensitif untuk ia sampaikan. Karena itu, terkait motif, ia meminta publik menunggu hingga dijelaskan oleh Polri dan dibawa ke pengadilan.

"Nanti polisi yang membuka ke publik lalu dibuka di pengadilan, oleh jaksa. Kalau tanya ke saya nanti malah salah," katanya. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga