MTQ Korpri V Tingkat Nasional di Kendari Berakhir, Kafilah Sultra Peringkat Enam

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Sabtu, 20 November 2021
0 dilihat
MTQ Korpri V Tingkat Nasional di Kendari Berakhir, Kafilah Sultra Peringkat Enam
Penyerahan piala bergilir kepada juara umum Provinsi Kalimantan Selatan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, pada MTQ Korpri V Tingkat Nasional Tahun 2021 di Kota Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Kafilah Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meraih peringkat keenam pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Korpri V Tingkat Nasional Tahun 2021 di Kota Kendari, yang dilaksanakan sejak tanggal 14 hingga 19 November "

KENDARI, TELISIK.ID - Kafilah Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meraih peringkat keenam pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Korpri V Tingkat Nasional Tahun 2021 di Kota Kendari, yang dilaksanakan sejak tanggal 14 hingga 19 November.

Predikat juara umum berhasil diraih kafilah Kalimantan Selatan dengan jumlah nilai 54, dari 9 cabang dan 25 kategori yang diperlombakan.

Kemudian peringkat 2 ditempati kafilah Jawa Timur dengan nilai 51, peringkat 3 kafilah Aceh nilai 45, peringkat 4 kafilah Sumatera Barat nilai 43, peringkat 5 kafilah Sumatera Utara nilai 42, peringkat 6 kafilah Sulawesi Tenggara nilai 41, peringkat 7 kafilah Jawa Barat nilai 38, peringkat  8 kafilah Banten nilai 37, peringkat 9 kafilah Riau nilai 37 dan peringkat 10 yakni kafilah Kementerian Agama dengan nilai 33.

Baca Juga: Hilangkan TPS Bukan Solusi, Dewan Nilai Perda Pengelolaan Sampah yang Harus Ditegakkan

“Keputusan dewan hakim tidak dapat diganggu gugat,” kata Ketua Dewan Hakim, H.M Darwis Hude.

Suasana pemberian hadiah kepada para kafilah pemenang di MTQ Korpri V Tingkat Nasional Tahun 2021 di Kota Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

Diketahui MTQ Korpri V di Kendari diikuti oleh 816 jumlah peserta dari 71 kafilah dengan rincian 37 perwakilan kementerian/lembaga dan 34 provinsi se-Indonesia.

Ajang MTQ Korpri V ini memperlombakan 9 cabang lomba yakni Cabang Tartil Al-Qur'an Putra dan Putri, Tilawah Al-Qur'an Putra dan Putri, Hifzh (hafalan) Al-Qur'an.

Cabang Hifzh ini terdiri 4 golongan yakni Golongan Hafalan Juz 30 (Juz Amma) Putra dan Putri, Golongan Hafalan Surah Al-Baqarah Putra dan Putri, Golongan Hafalan Surah Ali-Imran dan An-Nisa Putra dan Putri, Golongan Hafalan 7 Surah Pilihan Putra dan Putri.

Kemudian cabang Dakwah Al-Qur'an Putra dan Putri (Da'i dan Da'iyah), Khath Al-Qur'an.

Cabang Khath Al-Qur'an juga terdiri dari 3 Golongan lomba yakni Golongan Kaligrafi Dekorasi Putra dan Putri, Golongan Kaligrafi Kontemporer Putra dan Putri dan Golongan Kaligrafi Digital Putra dan Putri.

Selanjutnya Cabang Azan Putra, Cabang Khotbah Jumat Putra, Cabang Penulisan Artikel Al-Qur'an putra dan putri dan Cabang Lomba Doa Putra.

Gubernur Ali Mazi berpesan, bagi kafilah yang belum berhasil meraih juara agar tetap bersemangat sebab menang kalah  dalam perlombaan adalah hal yang biasa.

"Yang terpenting bagi kita adalah terus meningkatkan pengamalan nilai-nilai Al-Qur'an dalam menjalankan rutinitas sehari-hari serta tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan di pundak kita masing-masing," kata Ali Mazi.

Sementara itu, Perwakilan Gubernur Kalimantan Selatan, Mustajab mengatakan, rombongannya hanya mengharapkan bisa masuk tiga besar, tidak berharap untuk menjadi juara umum.

Kafilah Provinsi Kalimantan Selatan, sebagai juara umum MTQ Korpri V Tingkat Nasional Tahun 2021 di Kota Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

"Alhamdulillah Kalimantan Selatan berhasil menjadi juara umum, setelah sebelumnya kami di tahun 2018 kemarin di Pondok Gede, meraih peringkat ke sembilan," ujarnya.

Baca Juga: KKSS Kota Kendari Bagi Ratusan Nasi Kotak

"Kami sebelum melaksanakan kegiatan MTQ Korpri ini, kita melakukan training center atau pemusatan latihan yang dilaksanakan di Kota Banjarmasin, kami panggil panggil semua, kami latih di sana dan Alhamdulillah ini mungkin bagian dari upaya yang telah kami laksanakan dan tentunya dukungan juga dari masyarakat Provinsi Kalsel," tutupnya .

Kemudian, Penulis artikel Al-Qur'an putri terbaik II, Yunadi Hijrah mengaku terkesan dengan penyambutan tuan rumah Sultra yang sangat ramah serta pelayanannya yang sangat baik.

"Bahkan kami sempat diajak keliling-keliling di sini, Ini sangat membahagiakan, panggung MTQ V Korpri kali ini juga sangat bagus dan megah, semuanya terasa sangat bagus," kata wanita asal Sumatera Barat tersebut. (A-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga