Mubes IKA FPIK-UHO Tetapkan Ketua Setelah Sempat Alot

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 20 November 2022
0 dilihat
Mubes IKA FPIK-UHO Tetapkan Ketua Setelah Sempat Alot
Abdul latif (kanan) resmi menjadi Ketua IKA FPIK-UHO periode 2022-2025. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Mubes akhirnya menyepakati mandat Ketua Ika diberikan pada Abdul Latif, Dirut Bank Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) III Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo yang digelar di pada Sabtu (19/11/2022) malam, berlangsung alot.

Beberapa alumni dari masing-masing angkatan melakukan interupsi atas aturan tata tertib, laporan pertanggungjawaban ketua IKA di tahun sebelumnya, serta interupsi mengenai tahapan pemilihan calon ketua umum.

Mubes sempat diwarnai penolakan dan ketegangan terhadap putusan pimpinan mubes, bahkan harus diskors beberapa kali.

Salah seorang peserta perwakilan angkatan 97 sempat menginterupsi laporan pertanggungjawaban Ketua IKA di tahun sebelumnya, yang menurutnya tidak sesuai.

Mubes yang berlangsung sejak pagi hingga malam, bahkan tak sedikit perbedaan pendapat di antara peserta rapat, namun pimpinan mubes masih bisa mengatasi hal tersebut.

Antusias peserta rapat bukan hanya saat offline tapi juga saat online, di mana dari beberapa peserta juga ingin menyuarakan haknya.

Baca Juga: Tari Mondotambe di Peresmian Kedai Ratu Alam

Beberapa yang menjadi perbedaan pendapat dari peserta mubes menjadi masukan bagi panitia dan pimpinan mubes dalam mencari solusi dan kesepakatan bersama.

Mubes akhirnya menyepakati mandat Ketua Ika diberikan pada Abdul Latif, Dirut Bank Sultra.

Ketua Steering, Irdam Riani mengaku, kesepakatan tersebut merupakan hasil musyawarah yang telah dirembukkan, dan kesepakatan yang terbaik meski tak sedikit perbedaan pendapat, tantangan, dan beragam perbedaan lainnya.

Abdul Latif, S.Pi terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni Perikanan (IKA) FPIK-UHO dengan masa jabatan 3 tahun untuk periode 2022-2025.

Abdul Latif terpilih secara mufakat melalui sidang pleno. Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan dari seluruh perwakilan alumni pada dirinya dalam memimpin organisasi tersebut.

“Terima kasih atas amanah dan kepercayaan yang diberikan ke saya, mari bersama kita besarkan organisasi kita ini dalam bingkai silaturahmi sehingga mampu memberikan banyak input untuk kemajuan institusi kita bersama yaitu UHO, dan dapat berkontribusi kepada daerah dan bangsa," tuturnya.

Ia meminta dukungan dari pengurus serta seluruh alumni untuk bersama membesarkan organisasi. Ia juga menyampaikan niatnya untuk  merangkul dan mengakomodasi aspirasi dari seluruh alumni.

“Terlaksananya mubes hari ini yang dihadiri ratusan alumni, merupakan cerminan bahwa alumni Perikanan UHO sudah besar dan patut diperhitungkan," tambahnya.

Baca Juga: Coffee Brunos Tawarkan Nuansa Aesthetic Cocok Buat Kaum Muda

Selain itu, Latif juga menyebutkan, hasil mubes ini merupakan cerminan dari alumni yang kompak dan berdaulat. Ia berharap di masa mendatang alumni FPIK UHO semakin berkontribusi di tingkat nasional khususnya di bidang kelautan dan perikanan.

"Bangkit berjaya sektor perikanan dan kelautan di Sulawesi Tenggara dan Indonesia," tutupnya.

Mubes yang berlangsung di aula Bank Sultra diikuti sekitar 200-an orang yang terdiri dari angkatan 1994 hingga angkatan 2017 dengan jurusan yang terdiri dari Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) Budidaya Perikanan (BDP), Agribisnis Perikanan (ABP), Ilmu Kelautan (IKL), Teknologi Hasil Perikanan (THP), serta dua program studi lainnya yaitu Oseanografi, dan Perikanan Tangkap. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga