Mudik Gunakan Kapal Pelni, Penumpang Wajib Patuhi Sejumlah Persyaratan Ini

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 09 April 2022
0 dilihat
Mudik Gunakan Kapal Pelni, Penumpang Wajib Patuhi Sejumlah Persyaratan Ini
Masyarakat diwajibkan penuhi sejumlah persyaratan saat mudik lebaran dengan kapal Pelni. Foto: Repro Kompas

" Calon penumpang yang telah melakukan vaksin ketiga atau booster tidak perlu lagi menunjukan syarat perjalanan berupa antigen maupun PCR "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran 2022 menggunakan kapal milik PT Pelni, wajib memenuhi sejumlah persyaratan.

Head of Branch PT Pelni Kendari, Agustinus Prima Wicaksono menyebut, jika syarat tersebut mengacu pada SE Menteri Perhubungan Nomor 37 Tahun 2022 yang telah berlaku sejak 5 April 2022.

Ada pun syaratnya yaitu calon penumpang yang telah melakukan vaksin ketiga atau booster tidak perlu lagi menunjukan syarat perjalanan berupa antigen maupun PCR.

Calon penumpang yang sudah dua kali melakukan vaksinasi diwajibkan untuk menyertakan hasil negatif RT-PCR dengan jangka waktu 3x24 jam atau hasil negatif rapid antigen 1x24 jam.

Sementara untuk calon penumpang yang baru satu kali menerima vaksinasi COVID-19, diwajibkan untuk menyertakan hasil negatif RT-PCR dalam jangka waktu 3x24 jam.

Baca Juga: Soal Seleksi Sekda Sultra, Gubernur: Tidak Ada Lagi Bicara Daratan dan Kepulauan

Bagi yang belum vaksin wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan belum dapat divaksin COVID-19.

"Kemudian untuk anak usia di bawah enam tahun, dikecualikan vaksin, tidak wajib RT-PCR dan antigen, juga wajib didampingi," kata Agustinus, Sabtu (9/4/2022).

Di Pelabuhan Bungkutoko Kota Kendari sendiri terdapat 2 kapal milik PT Pelni yang dioperasikan untuk melayani penumpang yaitu Kapal Feri Cepat (KFC) Jetliner, KM Tilongkabila dan Sabuk Nusantara 78.

KFC Jetliner dengan rute Kendari-Raha-Baubau-Wanci dan sebaliknya. KM Tilongkabila memiliki rute Benoa-Lombok-Bima-Labuan Bajo-Makasar-Baubau-Raha-Kendari-Luwuk-Gorontalo-Bitung dan sebaliknya.

Baca Juga: Anjal dan Gepeng di Kota Kendari Mulai Berkurang

Sedangkan Sabuk Nusantara 78 memiliki rute Kendari-Molawe-Bungku (Morowali)-Bobong-Tikong-Luwuk-Ampana-Gorontalo-Ampana-Luwuk-Tikong-Bobong-Bungku (Morowali)-Molawe-Kendari.

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan kapal Pelni dapat mengakses akun media sosial Pelni @Pelni162 atau website resmi Perusahaan www.pelni.co.id. Calon penumpang dapat menghubungi Call Center Pelni 162 atau melalui layanan WhatsApp di nomor 0811-162-1-162.

"Call center Pelni siap melayani kebutuhan seluruh pengguna jasa kapal PELNI dan dapat dihubungi 24 jam," tutup Agustinus. (C)

Reporter: Musdar

Editir: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga