Muh Irsyad, Arsitek Sulawesi Tenggara Kembali Raih Juara Favorit Kompetisi Nasional

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 21 Desember 2023
0 dilihat
Muh Irsyad, Arsitek Sulawesi Tenggara Kembali Raih Juara Favorit Kompetisi Nasional
Muh Irsyad (Kiri) dan desain karyanya (Kanan) yang meraih juara favorit di tingkat nasional. Foto: Kolase

" Muhammad Irsyad, seorang pemuda yang juga seorang arsitek berasal dari Sulawesi Tenggara, bersama dua mitranya, berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu pemenang dalam Kompetisi Arsitek Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Lampung (UNILA) "

KENDARI, TELISIK.ID - Muhammad Irsyad, seorang pemuda yang juga seorang arsitek berasal dari Sulawesi Tenggara, bersama dua mitranya, berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu pemenang dalam Kompetisi Arsitek Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Lampung (UNILA).

Irsyad dan kedua temannya, Aris Munandar dari Bandung (Hepta Studio) dan Iqbal Nurhidayat dari Jakarta, awalnya ragu karena kesibukan masing-masing di studio arsitek, mereka bertiga memutuskan untuk bergabung dalam kompetisi ini hanya dalam rentang waktu 1-2 hari sebelum penutupan.

“Kemarin kebetulan saja lihat di IG ada kompetisi design gerbang kami tertarik ikut, kebetulan hobby,” jelasnya pada Telisik.id, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga: Sosok Is Pusakata, Musisi Asal Makassar yang Abdikan Karya untuk Palestina

Hasilnya, desain mereka untuk gerbang masuk UNILA dengan tema Triasika UNILA menjadi favorit dan meraih hadiah sebesar Rp 5 juta setelah melalui proses penjurian dan presentasi.

Desain Triasika UNILA sendiri mencakup empat poin utama, yaitu Triasika, local wisdom, futuristic, dan torch. Filosofi Triasika adalah menciptakan pendidikan holistik di perguruan tinggi tersebut.

Local wisdom melambangkan kekuatan dan keberanian dengan simbol Taji Ayam Lampung. Konsep futuristic mencerminkan inovasi dan kemajuan UNILA, sementara torch mengadopsi makna penerangan dalam kegelapan melalui konsep api dan obor

Karena kemenagannya tersebut, Irsyad kembali banyak dipuji oleh warganet dan anak-anak muda yang menjadikan sosoknya sebagai inspirasi, salah satunya Sitti Rahmah.

“Selamat sudah menang lagi lomba, sebagai warga Sulawesi Tenggara bangga sih bisa tau putra daerah sesukse dia,” jelasnya via Instagram.

Baca Juga: Sosok Alam Ganjar, Anak Tunggal Ganjar Pranowo Idola Kaum Hawa

Irsyad sendiri terkenal sebagai salah satu pemuda kebanggaan Sulawesi Tenggara yang telah beberapa kali memenangkan kompetisi arsitektur di tingkat nasional hingga internasional. Dirinya juga merupakan mahasiswa peraih beasiswa LPDP di University of Sheffield di Inggris.

Berkat prestasinya tersebut, Irsyad jadi idola anak-anak muda Kota Kendari, khususnya mereka yang tertarik dengan dunia arsitektur, salah satunya Selvi Septia yang merupakan junior irsyad dari Universitas Halu Oleo.

“Kagum sosoknya yang penuh prestasi dan menginspirasi kami mahasiswa arsitek,”  jelasnya pada Telisik.id. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga