Mulai Dibangun, Masjid Al Fatih Kendari Punya Program Pembinaan Umat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 28 Februari 2021
0 dilihat
Mulai Dibangun, Masjid Al Fatih Kendari Punya Program Pembinaan Umat
Gambar Masjid Al Fatih Kendari. Foto: Ist.

" Pembangunan masjid sudah kita mulai dan ini merupakan swadaya masyarakat. Rencananya, sudah bisa digunakan saat bulan Ramadan tahun ini. "

KENDARI, TELISIK.ID - Masjid Al Fatih yang terletak di Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, mulai dibangun.

Hal tersebut ditandai dengan acara peletakan batu pertama, yang dilakukan Ketua RW O3 Kelurahan Watulondo, Achmad, Minggu (28/2/2021).

 

Proses pembangunan pondasi Masjid Al Fatih Kendari. Foto: Ist.

 

Ketua pembangunan Masjid Al Fatih Kendari, Marianto mengatakan, pembangunan masjid ini merupakan bentuk dari keinginan sebagian masyarakat, yang ingin memiliki tempat ibadah sekaligus dapat digunakan untuk kegiatan sosial.

Dengan kehadiran Masjid Al Fatih ini, kata dia, dapat mengaktifkan dan menguatkan lagi silaturahmi antar masyarakat. Apalagi, pembangunan masjid ini juga merupakan swadaya dari sejumlah masyarakat.

Mengingat, banyak keutamaan dalam membangun masjid. Hal tersebut berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan Ibnu Majah, “Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadis ini shahih).

Baca juga: Pemkab Konawe Berencana Pakai Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas

"Pembangunan masjid sudah kita mulai dan ini merupakan swadaya masyarakat. Rencananya, sudah bisa digunakan saat bulan Ramadan tahun ini," kata Marianto.

Sementara itu, Divisi Dakwah Masjid Al Fatih Kendari, Wildan Abdu mengungkapkan, masjid ini akan menjalankan berbagai program dakwah, dimana hal tersebut dalam rangka membina umat dan masyarakat setempat.

Program tersebut di antaranya, membuat acara kajian, belajar mengaji dan mengadakan sahur dan buka puasa bersama di bulan Ramadan.

Termasuk mengadakan pemotongan hewan kurban pada hari raya Idul Adha.

"Nanti juga bisa bekerjasama dengan berbagai komunitas untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis," ungkapnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga