Pinjaman Disetujui PT SMI, Pemkot Bakal Bangun Jalan hingga Rumah Sakit dan Puskesmas

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 08 Juli 2021
0 dilihat
Pinjaman Disetujui PT SMI, Pemkot Bakal Bangun Jalan hingga Rumah Sakit dan Puskesmas
Wali Kota Kendari memimpin pertemuan penandatanganan MoU pinjaman Pemkot Kendari pada PT. SMI. Foto: Sumarlin/Telisik

" Sarana Multi Infrastruktur (SMI) telah menyetujui pinjaman yang diusulkan Pemerintah Kota Kendari sebesar Rp 374 miliar. "

KENDARI, TELISIK.ID - PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) telah menyetujui pinjaman yang diusulkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sebesar Rp 374 miliar.

Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk membangun tiga item kegiatan.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menjelaskan, pinjaman itu sudah disesuaikan dengan kebutuhan anggarannya masing-masing item yaitu, pembangunan jalan kembar Kali Kadia, jalan Z.A Sugianto - Jalan H. E. A Mokodompit sebesar Rp 221 miliar.

Kemudian pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D Kota Kendari Rp 146 miliar dan pembangunan puskesmas Kandai Rp 16,3 miliar.

"Ini angka yang tidak kecil, ini harus betul-betul kita laksanakan dengan baik, mudah-mudahan dengan MoU hari ini semua proses dan langkah untuk merealisasikan tiga program ini bisa segera kita tindaklanjuti," kata Sulkarnain.

Politisi PKS meminta tiga OPD terkait yakni Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, dan RSUD Kota Kendari segera melengkapi persiapan administrasi agar program ini bisa secepatnya terealisasi.

Wali kota juga berharap bisa segera menemukan mitra yang tepat untuk mengerjakan tiga item kegiatan tersebut, sehingga cita-cita menciptakan layanan yang bisa mendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Kendari.

Baca juga: RS Bahteramas Kehabisan Reagen, Pemeriksaan Swab COVID-19 Tersendat

Baca juga: Ikatan Mubaligh Kendari Dukung Keputusan Penutupan Tempat Ibadah di Zona Merah

"Kita harus segera bekerja, kita harus segera mempersiapkan langkah-langkah teknis dan perencanaan yang lebih matang untuk semua kesepakatan ini bisa segera kita tindaklanjuti," harapnya.

Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI Sylvi Gani mengatakan pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) merupakan bentuk komitmen PT SMI dan Pemkot Kendari dalam menangani COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

"Diharapkan dari kegiatan PEN ini akan memberikan multi player efek berupa penerapan tenaga kerja lokal serta manfaat sosial ekonomi lainnya, yang diharapkan dapat memberikan dampak terhadap pemulihan ekonomi nasional selama pandemi COVID-19," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Kendari Subhan mengaku mendukung upaya yang dilakukan pemerintah Kota Kendari.

Apalagi pinjaman ini digunakan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Kota Kendari di masa pandemi COVID-19 yang masih terjadi saat ini.

"Semoga pinjaman ini bisa menjadi energi baru dalam memaksimalkan pertumbuhan ekonomi baru, apalagi pembukaan jalan baru di kawasan depan rumah sakit kota tembus Kali Kadia tembus kampus, bisa tumbuh perumahan," ungkapnya.

Dia berharap, pendirian rumah sakit tipe D di Kecamatan Puuwatu juga bisa membantu pemerintah dalam menangani penyakit tertentu, sedangkan Puskesmas Kandai dibutuhkan bangun baru karena terkena pelebaran jalan dan rencananya lokasi puskesmas akan dipindahkan di sekitar Pasar Sentral Kendari. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga