Mulai Juni, Pinjam Buku di Perpustakaan Sultra Bisa dari Rumah

Aris Mantobua, telisik indonesia
Selasa, 12 April 2022
0 dilihat
Mulai Juni, Pinjam Buku di Perpustakaan Sultra Bisa dari Rumah
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tenggara akan memperkenalkan aplikasi i-Sultra agar masyarakat bisa meminjam buku dari rumah. Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Pengembangan dari aplikasi i-Sultra adalah bentuk kesiapan Perpustakaan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara menuju perpustakaan berbasis nasional maupun internasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Tenggara akan mengoperasikan aplikasi i-Sultra untuk menarik minat masyarakat Sulawesi Tenggara untuk membaca.

Pengembangan aplikasi i-Sultra merupakan suatu bentuk gagasan/inovasi terbaru dari Perpustakaan Sultra guna menarik lebih banyak pembaca buku.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Tenggara Nur Saleh mengungkapkan, pengembangan dari aplikasi i-Sultra adalah bentuk kesiapan Perpustakaan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara menuju perpustakaan berbasis nasional maupun internasional.

Selama ini pihaknya belum memberikan inovasi terbaru dalam pengembangan Perpustakaan Daerah. Dengan pengembangan aplikasi i-Sultra, menurutnya, Provinsi Sulawesi Tenggara bisa bersaing dengan provinsi lain yang ada di Indonesia.

"Sudah saatnya Sultra go Intrenasional," ucapnya, Selasa (12/4/2022).

Di tempat yang sama, Sekretaris Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Tenggara Nurlena Harahap mengungkapkan, adanya aplikasi i-Sultra mampu memberikan ruang yang lebih bagi masyarakat Sultra dalam meminjam buku tanpa harus ke perpustakaan lagi.

"Rencana kami akan launching aplikasi i-Sultra di bulan Juni, bersamaan dengan peresmian gedung perpustakaan yang baru," tuturnya.

Menurut Nurlena Harahap, dalam pengembangan aplikasi i-Sultra, pihaknya bisa memberikan citra kepada masyarakat bahwa Provinsi Sulawesi Tenggara sudah siap menuju perpustakaan bertaraf internasional.

Baca Juga: Bos Tak Beri THR, Segera Lapor di Sini

"Untuk saat ini kami baru mempunyai 1.000 e-book. Rencana dalam waktu dekat ini kami akan menambah 1.000 e-book lagi. Jadi nanti koleksinya bertambah jadi 2.000," terangnya.

Peminjaman buku melalui aplikasi i-Sultra akan berlangsung selama 4 hari yang akan dikirim langsung melalui email pribadi pengguna aplikasi. Setelah dalam jangka waktu 4 hari, maka secara otomatis e-book tesebut aksesnya akan terputus.

"Sebelum menggunakan aplikasi i-Sultra, lebih baik pembaca mendaftarkan diri sebagai member perpustakaan, agar bisa menggunakan aplikasi i-Sultra secara terus-menerus," jelasnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas SDM, Yayasan Resita Sultra Gelar Pelatihan MC

Aplikasi i-Sultra bisa di-download melalui aplikasi Playstore.

"Untuk Appstore kami akan terus usahakan, agar pengguna iphone bisa merasakan kelebihan dari aplikasi i-Sultra," tambah Nurlena.

Sementara itu, Fika, pengunjung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sultra mengungkapkan apresiasinya kepada pihak Perpustakaan Daerah yang telah melakukan inovasi baru dalam menarik minat pembaca seperti dirinya.

"Saya baru dengar dari kita, ada aplikasi i-Sultra. Mungkin ke depannya akan lebih bagus lagi, karena pembaca seperti saya bisa menghemat waktu dan biaya lebih banyak lagi. Bisa membaca buku yang kita inginkan hanya dari handphone," pungkasnya.  (A)

Reporter: Aris Mantobua

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga