Mundur dari Jabatannya, Gubernur Ini Terbukti Lecehkan 11 Wanita

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 11 Agustus 2021
0 dilihat
Mundur dari Jabatannya, Gubernur Ini Terbukti Lecehkan 11 Wanita
Gubernur New York, Andrew Cuomo saat bersama putrinya dihalaman kediaman gubernur. Foto: Repro Antara

" Gubernur New York, Amerika Serikat, Andrew Cuomo mundur dari jabatannya. "

NEW YORK, TELISIK.ID - Gubernur New York, Amerika Serikat, Andrew Cuomo mundur dari jabatannya.

Langkah ini dilakukan setelah Kejaksaan Agung New York membuktikan Cuomo melakukan pelecehan seksual terhadap 11 wanita.

Ini adalah bagian dari gerakan masyarakat memantau dan memastikan bahwa pelaku pelecehan seksual tidak bisa melarikan diri dari tanggung jawab, terlepas status sosial dan politik mereka.

Dilansir dari Reuters, Rabu (11/8/2021), Cuomo mundur saat menghadapi tekanan hukum yang meningkat dan tuntutan untuk mundur dari Presiden AS, Joe Biden, dan lainnya.

Ini menjadi sebuah peristiwa yang mengejutkan bagi seorang pria, yang pernah dianggap sebagai calon Presiden AS di masa depan.

Cuomo, seorang Demokrat yang menjabat sejak 2011 sebagai gubernur negara bagian AS berpenduduk terpadat keempat, membuat pengumuman setelah Jaksa Agung New York Letitia James pada 3 Agustus merilis hasil penyelidikan independen 5 bulan.

Penyelidikan itu menyimpulkan Cuomo terlibat dalam perilaku melanggar hukum AS dan negara bagian.

Dalam pidato 20 menit yang disiarkan televisi, Cuomo membantah melakukan kesalahan, meskipun dia mengaku menerima "tanggung jawab penuh" karena menyinggung para wanita melalui apa yang dia sebut sebagai upaya yang disalahpahami untuk menjadi penuh kasih sayang atau lucu.

Baca juga: Mutasi COVID-19 Baru Bernama Varian B1621, Sudah Ada Kasus Meninggal

Baca juga: Tak Becus Tangani Ledakan COVID-19, China Pecat 30 Pejabatnya

Dia mengatakan dirinya telah menyimpulkan melawan tuduhan sambil tetap menjabat akan melumpuhkan pemerintah negara bagian dan merugikan pembayar pajak jutaan dolar pada saat pandemi virus corona masih menjadi ancaman besar.

"Saya pikir, mengingat situasinya, cara terbaik yang dapat saya bantu sekarang adalah jika saya minggir dan membiarkan pemerintah kembali ke pemerintah, dan oleh karena itu, itulah yang akan saya lakukan," katanya seraya menambahkan pengunduran dirinya akan berlaku dalam 14 hari.

Dilansir detik.com, penyelidikan yang dirinci dalam laporan setebal 168 halaman, menemukan dugaan Cuomo meraba-raba, mencium, atau membuat komentar sugestif kepada wanita termasuk saat ini dan mantan pekerja pemerintah - salah satunya adalah polisi negara bagian - dan membalas setidaknya satu wanita yang menuduhnya melakukan pelanggaran seksual.

Letnan Gubernur Kathy Hochul, seorang Demokrat dari New York barat, akan mengambil alih jabatan sebagai gubernur negara bagian yang berpenduduk lebih dari 19 juta orang hingga akhir masa jabatan Cuomo pada Desember 2022 sebagaimana diuraikan dalam konstitusi negara bagian.

Dia bakal menjadi wanita pertama yang memegang jabatan tersebut.

Pengunduran diri Cuomo menandai kedua kalinya dalam 13 tahun bahwa seorang gubernur New York telah mengundurkan diri dalam skandal, setelah Eliot Spitzer berhenti pada 2008 karena perlindungannya terhadap pelacur.

Cuomo juga menjadi orang kuat terbaru yang diturunkan dalam beberapa tahun terakhir setelah munculnya gerakan sosial #MeToo melawan pelecehan dan pelecehan seksual yang telah mengguncang politik, Hollywood, dunia bisnis, dan tempat kerja.

Pengunduran dirinya menghindarkan Cuomo dari kemungkinan pemecatan dari jabatannya melalui proses pemakzulan di badan legislatif negara bagian. Investigasi pemakzulan yang sedang berlangsung hanya berjanji untuk mengintensifkan. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga